Jangan Biarkan Layar Smartphone Penuh Goresan! | Breaktime
Hati-Hati, Jangan Biarkan Layar Smartphone Anda Penuh Goresan!
20.12.2015

Walaupun diklaim menggunakan layar yang dilindungi oleh teknologi milik Corning, yaitu Gorilla Glass, akan tetapi smartphone, phablet atau juga tablet bukanlah sebuah perangkat yang tidak mungkin rusak.

Oleh karenanya dibutuhkan penggunaan yang cermat dan menghindarkannya dari benturan atau bersinggungan langsung dengan benda berkarakter keras. Bagi B’timers yang ingin layar gadgetnya tetap tahan lama, berikut ini ada beberapa tips menarik untuk Anda gunakan agar dapat meminimalisir kerusakan pada layar.

Anti-gores bukan berarti tidak dapat tergores

Jangan Biarkan Layar Smartphone Penuh Goresan! | Breaktime
Menggunakan jari atau stylus lebih aman dibandingkan dengan memakai alat lain

Memang banyak klaim bahwa perangkatnya menggunakan layar anti-gores. Akan tetapi dalam hal ini bukan berarti layarnya tidak akan dapat tergores sama sekali. Jika B’timers menggunakan benda keras dan menggoreskannya ke layar menggunakan kekuatan penuh, tentu saja akan menimbulkan bekas goresan.

Anti-gores yang dimaksud adalah tidak mudah baret karena bergesekan dengan benda-benda keras lain tanpa sengaja, seperti ketika dimasukkan dalam tas atau saku dan secara tidak sengaja bergesekan dengan kunci atau benda yang terbuat dari logam lainnya.

Oleh karenanya, gunakan stylus atau juga jari ketika ingin mengoperasikan apapun yang nampak pada layar. Dengan cara ini, maka Anda dapat memperpanjang usia layar.

Gunakan pelindung atau casing

Jangan Biarkan Layar Smartphone Penuh Goresan! | Breaktime
Sekarang ini banyak casing dengan desain unik dan menarik dijual di pasaran

Mungkin hanya dengan menggunakan screen protector untuk membuat ‘pertahanan’ double setelah terlindungi dengan Gorilla Glass adalah belum cukup untuk menghindarkan layar pada perangkat terkena risiko yang cukup riskan, tergores dengan dalam atau pecah.

Oleh karenanya, penggunaan casing atau pelindung eksternal adalah langkah yang tepat untuk B’timers ambil sebagai upaya menghindarkan masalah-masalah yang tidak diinginkan.

Jangan paksa perangkat terus menyala

Jangan Biarkan Layar Smartphone Penuh Goresan! | Breaktime
Jika diteruskan menyala, maka layar tiba-tiba akan menjadi biru seperti blue screen pada layar PC

Mungkin tidak banyak orang mengetahui istilah burn-in, khususnya pengguna perangkat mobile di Tanah Air. Burn-in adalah suatu masa ketika kualitas warna dan intensitas komponen emisi cahaya yang dimiliki sebuah perangkat berkurang.

Hal ini disebabkan karena perangkat ‘dipaksa’ untuk hidup dan menyala tanpa aktivitas dalam jangka waktu lama. Untuk itu, disarankan agar menonaktifkan layar ketika sedang tidak digunakan atau juga mengatur tingkat brightness serta membuatnya agar dapat secara otomatis non-aktif sendiri ketika tidak digunakan dalam beberapa menit.

Sebenarnya ada beragam cara agar dapat menghindarkan perangkat dari hal-hal yang tidak diinginkan, namun dengan menerapkan 3 poin di atas, maka setidaknya risiko yang besar juga akan dapat diminimalisir. (das)

Share This Article