Happy Sweet Seventeen Google! Kilas Balik Sejarah Google | Breaktime
Happy Sweet Seventeen Google! Kilas Balik Sejarah Google
28.09.2015

Google merupakan salah satu mesin pencari paling populer di dunia, termasuk di Indonesia. Di Indonesia sendiri, kita sering menyebutnya dengan julukan ‘Mbah Google’. Padahal, usianya baru menginjak 17 tahun lho, pada 27 September 2015 kemarin.

Untuk merayakan ulang tahunnya yang ke tujuh belas, Google meluncurkan sebuah Google Doodle bertema unik. Yap, mereka ingin mengingat masa lalu dimana logonya masih berupa ‘Google!’, lampu lava, seperangkat PC, dan lego yang digunakan sebagai pelindung server. Tak lupa, mereka juga menyematkan sebuah pinguin kecil yang melambangkan sistem operasi Linux yang digunakan untuk mengembangkan Google.

Inspirasi PC dan lampu lava pada Google Doodle
Inspirasi PC dan lampu lava pada Google Doodle

Untuk doodle tersebut, kreatornya mengatakan, “Untuk ulang tahun ke-17 Google, kami menawarkan kilas balik ke awal Google yang sederhana, ketika kaus kaki hoki bermerek masih keren dan single Savage Garden menjadi yang nomor satu.”

Server dengan pelindung tumpukan lego
Server dengan pelindung tumpukan lego

Doodle untuk ulang tahun ke-17 ini menggambarkan server yang terbuat dari susunan lego dan kantor pertama Google yang sering disebut sebagai ‘kamar asrama Stanford milik Larry dan Sergey’. Doodle tersebut juga menyimpan pesan pada situs pertama Google, yakni ‘worked better than it looked’.

Meskipun menetapkan untuk merayakan sweet seventeen pada tanggal 27 September, pihak Google sebenarnya tak yakin tanggal pasti lahirnya mereka. Tapi, tepat setahun setelah domain google.com terdaftar, September 1998, Andy Bechtolsheim menjadi investor dan memberikan cek senilai $100.000.

Google Doodle Birthday sejak perayaan ke empat
Google Doodle Birthday sejak perayaan ke empat

Perayaan menggunakan Google Doodle ini adalah yang ke-14 kalinya sejak Google menggunakan doodle sebagai peringatan ulang tahun pada tahun 2002. Sejak ulang tahun keempat tersebut, tiap tahunnya Google selalu menampilkan doodle untuk memperingati hari lahirnya. (dfr)

Share This Article