Google ‘Paksa’ Pengguna YouTube Tonton Iklan Secara Penuh | Breaktime
Google ‘Paksa’ Pengguna YouTube Tonton Iklan Secara Penuh
09.09.2015

Bagi B’timers yang doyan berselancar di internet, pastinya tahu apa yang dinamakan dengan AdBlock, kan? AdBlock sendiri merupakan ekstensi khusus yang berfungsi untuk memberikan filterisasi iklan di beberapa peramban, seperti Google Chrome, Apple Safari, Mozilla Firefox dan Opera Web Browser. Dengan menggunakan AdBlock, maka iklan-iklan yang sering bermunculan, baik yang berupa pop-up atau juga yang terlihat di beberapa bagian website akan hilang.

Namun tentunya penggunaan AdBlock ini justru membuat kerugian bagi para pemasang iklan dan khususnya Google sebagai perusahaan yang salah satu sumber penghasilannya adalah berasal dari iklan.

Bahkan menurut Pagefair Studies, di tahun 2014 saja, ekstensi pemblokir iklan tersebut digunakan lebih dari 144 juta orang yang berarti sekitar 5% dari total seluruh pengguna internet di dunia.

Tapi tahukah Anda, B’timers, bahwa sekarang ini ekstensi AdBlock tidak begitu berpengaruh lagi karena Google telah membuat script khusus agar dapat mengelabui proses kerja AdBlock dan membuat jera para penggunanya.

Khususnya di YouTube, dengan script khusus tersebut, maka tombol skip yang biasa muncul akan diidentifikasi sebagai iklan oleh AdBlock. Dengan kata lain, saat mengaktifkan AdBlock, Anda tidak bisa men-skip iklan dan terpaksa menontonnya sampai selesai.

Baca juga: GADGET: SEMAKIN CANGGIH SEMAKIN TAK SEHAT

Selain itu, pihak YouTube yang notabene adalah milik Google juga sudah menerapkan penggunaan iklan hampir di seluruh video yang diunggah di situs mereka.

Script khusus ini dirasa sangat efektif untuk mengalahkan kekuatan AdBlock
Script khusus ini dirasa sangat efektif untuk mengalahkan kekuatan AdBlock

Tentu saja, banyak pengguna internet, khususnya yang sering menyambangi YouTube merasa kesal karena waktu mereka terpangkas, kurang lebih 3 menit hanya untuk menonton iklan yang menurut mereka tidak bermanfaat.

Tapi apa yang mau dikata, bisnis adalah bisnis menurut Google. Harus ada strategi cantik untuk tetap dapat mendulang keuntungan, walaupun banyak penggunanya yang kecewa.

Share This Article