Google Doodle:Marshall McLuhan dan Usia Internet
Google Doodle:Marshall McLuhan dan Usia Internet
21.07.2017

Apa yang Anda temukan di saat membuka mesin pencari Google hari ini, Jumat, 21 Juli 2017, B’timers? Untuk Anda ketahui, bahwa gambar animasi yang ada pada laman awal Google adalah Herbert Marshall McLuhan. Dia merupakan salah satu filsuf dan tokoh intelektual yang menjadi sangat terkenal setelah dia mengungkapkan prediksinya tentang masa depan yang menyedihkan dari abad ke-20, B’timers.

Sosoknya ternyata telah meramalkan kelahiran internet. Dan itu terjadi jauh berpuluh-puluh tahun, well, lebih tepatnya 35 tahun sebelum internet tercipta di dunia. Nah, karena itulah Google memberikan pada tokoh dunia ini bentuk penghormatan dengan memasukkan nama Marshall McLuhan sebagai Doodle di hari ini, B’timers. Kita merayakan hari lahir yang ke-106 dari sosok ternama tersebut.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Daftar Harga HP Samsung dan Spesifikasi Terbaru!

Dilahirkan di Kanada pada tahun 1911, McLuhan menempuh pendidikan di University of Manitoba dan University of Cambridge sebelum akhirnya dipanggil untuk menjadi dosen di University of Toronto, lho, B’timers. Namanya menjadi sangat dikenal dunia di tahun 1960-an berkat karyanya sebagai ahli teori media dan karena dia telah menciptakan istilah global village yang merupakan visi awal era internet.

Semua teorinya disambut dengan tangan terbuka di kalangan akademisi sepanjang tahun 1970-an. Dan hal itu bertahan hingga setelah kematiannya di tahun 1980. Lalu 9 tahun kemudian, yaitu di tahun 1989, internet lahir. Dan dunia memandang nama McLuhan dengan sangat takjub berkat ramalannya yang dia utarakan 3 dekade sebelumnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Terobosan, KFC Rilis Smartphone Limited Edition

Yang mungkin bagi Anda merupakan hal yang mengherankan adalah, bagaimana mungkin McLuhan ini bisa memprediksi usia internet pada masa itu, B’timers?

Well, teori tersebut muncul setelah McLuhan mengemukakan idenya bahwa sejarah manusia bisa dibagi menjadi 4 era. Dan itu adalah era akustik, era sastra, era cetak serta era elektronik. Dia menjabarkan ide tersebut di dalam sebuah buku yang berjudul The Gutenberg Galaxy dan dipublish pada tahun 1962. Isi dari buku tersebut bahkan turut dirilis saat televisi muncul.

Ramalannya benar-benar terjadi saat ini, B’timers!
Ramalannya benar-benar terjadi saat ini, B’timers!

Marshall McLuhan meramalkan dunia akan memasuki era ke-4, yaitu era elektronik. Dan tanda itu dapat dilihat dengan adanya komunitas orang yang disatukan oleh teknologi, B’timers. Dia menyebutkan masa itu sebagai global village dan mengatakan era itu akan menjadi masa ketika semua orang akan memiliki akses ke berbagai informasi yang sama melalui teknologi. Global village adalah internet.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Giliran Jam Pintar Louis Vuitton Bikin Heboh!

Selanjutnya dalam buku berikut, yang berjudul Understanding Media, Marshall McLuhan menjabarkan teori yang menunjukkan metode komunikasi. Sementara itu menurutnya informasi akan menjadi fakta yang paling berpengaruh dari era elektronik, B’timers.

Dan pada abad ke-20, Marshall McLuhan menjadi seorang guru Bahasa Inggris yang paling terkenal di seluruh negeri karena sebuah prestise yang berkembang dengan terealisasikan salah satu  visinya, yaitu tentang “computer as a research and communication instrument”.

Memasuki abad ke-21, seperti yang kita jalani saat ini, setiap orang telah memiliki dunia informasi yang hanya berjarak seujung jari saja. Smartphone, tablet dan laptop semakin memudahkan manusia dalam mendapatkan beragam informasi yang difasilitasi oleh jaringan internet. Dan tak hanya itu, internet juga telah menjadi salah satu sebab terbentangnya kebebasan global.

Prediksi McLuhan saat itu menyebabkan kehebohan di Amerika Serikat dan namanya menjadi subyek di dalam artikel Tom Wolfe yang berjudul, “What if he is right?” Bahkan teori Marshall McLuhan juga ikut mempengaruhi filsuf Prancis, Jean Baudrillard, Pierre Elliott Trudeau dan seniman Andy Warhol. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE