Google Doodle Peringati 130 Tahun Hidetsugu Yagi | Breaktime
Google Doodle Peringati 130 Tahun Hidetsugu Yagi
28.01.2016

Hari ini, Kamis, 28 Januari 2016 Google Doodle memperingati hari ulang tahun ke-130 Hidetsus Yagi, atau lebih dikenal dengan nama Hidetsugu Yagi. Media-media online pun berama-ramai menulis dan mengajak semua orang untuk ikut memperingati hari lahir Yagi. Lantas, siapa sih, Hidetsugu Yagi yang juga menjadi trending topic di Twitter ini?

Hidetsugu Yagi adalah seorang ilmuwan dan ahli teknologi Jepang yang sudah memberikan jasa dan kontribusi sangat besar pada sejarah perkembangan elektronik dunia. Beliau adalah penemu antena yang saat ini digunakan untuk TV dan radio di seluruh dunia. Berkat antena, televisi dan radio bisa menerima sinyal gelombang elektromagnetik di manapun, sehingga tampilan gambar pada layar kaca menjadi lebih jelas dan suara yang dihasilkan radio lebih enak didengar.

Google Doodle Peringati 130 Tahun Hidetsugu Yagi | Breaktime
Antena untuk menangkap gelombang elektromagnetik

Bekerja sama dengan Shintari Udo

Namun, Yagi tidak sendirian dalam penemuannya. Pria kelahiran 1886 ini bekerja sama dengan rekannya, Shintari Udo. Sepanjang tahun 1919 hingga awal 1920-an, mereka bekerja keras menemukan cara tepat agar gelombang sinyal televisi ditangkap dengan baik. Akhirnya, mereka berhasil menciptakan antena yang ternyata sukses seperti harapan dan tujuan mereka.

Tak berhenti sampai di situ, Yagi dan Udo menulis hasil pencariannya tersebut ke dalam bahasa Inggris agar antena temuannya lebih dikenal luas di seluruh dunia. Karena kegigihannya tersebut, dunia mulai menggunakan antena dan antena Hidetsus (temuan Yagi dan Udo) dipatenkan di tahun 1926.

Google Doodle Peringati 130 Tahun Hidetsugu Yagi | Breaktime
Yagi mendapat banyak penghargaan karena temuannya

Berkat kemampuannya, Yagi menerima banyak penghargaan di bidang teknologi seperti Blue Ribbon Award (1951), the Order of Cultural Merit (1956) dan Large Asahi Award of the First Class (1976). Ia juga mendapatkan pekerjaan di universitas Jepang terkemuka. Tak tanggung-tanggung, Yagi ditunjuk sebagai Direktur Jenderal Institut Teknologi Jepang pada tahun 1944 dan sebagai Direktur Jenderal Osaka Imperial University di tahun 1946.

Pada tahun 1976, Hidetsugu Yagi yang pernah menempuh pendidikan di Inggris, Amerika dan Jerman ini menutup perjalanan hidupnya di usia ke-90 tahun. Shintari Udo juga meninggal di tahun yang sama. Memang tidak semua orang mengenal siapa Hidetsugu Yagi ini. Namun berkat Google Doodle, mereka tahu bahwa Hidetsugu Yagi adalah orang yang sangat berjasa besar dan patut untuk menerima penghormatan terbaik dari seluruh orang di dunia. (nap)

Share This Article