Google Doodle Oskar Fischinger dan Animasi Musik | Breaktime
Google Doodle Oskar Fischinger dan Animasi Musik
22.06.2017

Sebagai bentuk penghormatan atas apa yang telah diberikan oleh Oskar Fischinger kepada kemajuan di bidang teknologi dunia, Google mepersembahkan Doodle pada laman pencarian awalnya hari ini, Kamis, 22 Juni 2017.

Animasi dengan paduan musik yang terdengar lembut. Dan bahkan Anda juga bisa memasukkan notasi gubahan Anda sendiri dalam animasi tersebut, lho, B’timers. Apakah Anda sudah mencobanya, menjadi seperti seorang seniman musik dari abad pertengahan?

Ya, hari ini adalah peringatan ulang tahun Oskar Fischinger yang ke-117 tahun. Sosok seniman abstrak ini pernah meninggalkan Jerman karena pemimpin Nazi, Adolf Hitler melakukan penindakan terhadap jenis seni yang satu ini, tepatnya pada thaun 1936.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Google Doodle: Zara Hadid, Arsitek di Era Modern

Untuk Anda yang belum mengenal sosok di balik Doodle hari ini, Fischinger adalah penemu stop-motion animations. Eits, bukan berhenti di titik itu saja, lho, B’timers. Dia mensinkronkan animasi buatannya itu dengan musik. Semua ini memerlukan usaha yang berat selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun.

Google Doodle Oskar Fischinger dan Animasi Musik | Breaktime
Oskar Fischinger bersama buah karyanya

Pemilik nama lengkap Oskar Wilhelm Fischinger, dilahirkan pada tahun 1900 dan menutup usia tanggal 31 Januari 1967, B’timers. Dia merupakan seorang animator, pembuat film dan sekaligus pelukis abstrak berdarah Jerman – Amerika yang cukup terkenal karena berhasil menciptakan animasi musik abstrak.

Prestasi yang dicapai oleh Fischinger membuat namanya pun semakin melambung sebagai animator seni musik visual, B’timers. Alasannya yaitu, Fischinger berhasil di dalam menciptakan animasi musik abstrak beberapa dekade sebelum munculnya grafis komputer dan video musik, B’timers.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Google Doodle Cassini, 20 tahun Jelajah Saturnus

Fischinger menciptakan efek khusus untuk  karya Fritz Lang yang berjudul Woman In The Moon di tahun 1929. Dan karyanya tersebut menjadi salah satu sci-fi rocket movie pertama, lho. Hingga akhir usianya, Fischinger berhasil membuat lebih dari 50 film pendek dan juga melukis sekitar 800 di atas kanvas.

Google Doodle Oskar Fischinger dan Animasi Musik | Breaktime
An Optical Poem, yang menjadi karya paling terkenal Fischinger

Dari keseluruhan karya yang dihasilkan Fischinger, dapat Anda nikmati di museum, galeri seni dan pada tempat lain yang mengoleksi karya-karyanya di seluruh dunia, B’timers. Nah, di antara karya filmnya ada salah satu yang sekarang ini terdaftar di National Film Registry of the U.S Library of Congress, yaitu film dengan judul Motion Painting No.1 yang dibuatnya pada tahun 1947 yang lalu.

Pada tahun 1940 menjadi tahun yang paling berharga untuk sosok tersebut, karena Fischinger berhasil menemukan Lumigraph. Hasil penemuannya ini diungkapkan oleh banyak orang merupakan jenis organ warna yang akhirnya dipatenkan pada tahun 1955 setelah Fischinger menemukannya, B’timers

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Google Doodle: Perempuan Paling Berpengaruh Di Dunia

Menurut Fischinger, seperti yang dikutip dari kata-kata terkenal yang pernah dia ungkapkan, “Music is not limited to the world of sound. There exists a music of the visual world. (Musik tidaklah terbatas pada dunia suara. Ada musik dunia visual)”.

Doodle menampilkan persembahan, di mana Anda dapat meng-kliknya untuk menciptakan seni visual Anda sendiri, namun masih dengan gaya a la Fischinger tentunya, B’timers. Coba Anda klik berlian yang ada di tampilan Doodle dari Google dan ciptakan seni musik visual Anda sendiri, deh.

Nah, di bawah ini adalah contoh salah satu animasi buatan Fischinger yang paling terkenal dengan judul An Optical Poem, yang dibuat pada tahun 1938. Silahkan tenggelam dalam kesyahduan seni musik visual yang memabukkan berikut, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE