Google Doodle: Mengenal Jane Jacob dari Bukunya | Breaktime
Google Doodle: Mengenal Jane Jacob dari Bukunya
04.05.2016

Siapa sih, wanita berwajah ramah dengan kacamata bundar yang hadir di Google pagi ini, B’timers? Adalah Jane Jacob, seorang wartawan, penulis dan aktivis berdarah Amerika-Kanada yang dikenal sebagai seorang pemikir dalam bidang studi urban. Dan untuk merayakan hari lahirnya yang ke 100, pada 4 Mei 2016, Google Doodle memajang gambarnya dengan latar belakang gedung bertingkat di halaman awal situs Google. Yuk, mengenal Jane Jacob lebih dekat melalui buku-bukunya, B’timers.

The Death and Life of Great American Cities

Ini merupakan buku tunggal yang paling berpengaruh, khususnya pada perencanaan kota urban. Dalam buku tersebut, Jane Jacob menuangkan sebuah kritik kuat mengenai kebijakan pembaharuan perkotaan pada tahun 1950-an. Di dalamnya, Jane mengaku, hal tersebut menghancurkan masyarakat dengan menciptakan ruang terisolasi yang tidak wajar. Karena itu dia menganjurkan penghapusan hukum zonasi dan pemulihan pasar bebas.

Google Doodle: Mengenal Jane Jacob dari Bukunya | Breaktime
Cover buku yang diterbitkan tahun 1972 dianggap terlalu berwarna

The Question of Separatism: Quebec and the Struggle over Sovereignity

Pertama kali diterbitkan pada tahun 1980 dan dicetak kembali di tahun 2011, namun tanpa wawancara yang dipublikasikan sebelumnya. Buku Jacob meningkatkan pandangan bahwa kemerdekaan Quebec adalah yang terbaik untuk Montreal, Toronto, dan bahwa kemerdekaan tersebut dapat dicapai secara damai. Dia memberi contoh pemisahan Norwegia dari Swedia yang akhirnya mampu memperkaya kedua negara.

Cities and the Wealth of Nation

Jane Jacob yang jadi inspirasi Google Doodle hari ini, mencoba mengungkapkan kritikan terhadap ekonomi melalui buku Cities and the Wealth of Nation, meskipun belum mendapatkan perhatian kritis seperti yang terjadi pada The Death and Life of Great American Cities. Para ekonom Neo-Klasik menganggap negara-negara menjadi pemain utama dalam makroekonomi. Namun menurut Jane, justru kota yang menjadi pemain utama dalam permainan ekonomi di seluruh dunia.

Google Doodle: Mengenal Jane Jacob dari Bukunya | Breaktime
Cetakan ulang tidak menyertakan wawancara eksklusif

System of Survival

Seperti pada karyanya yang lain, Jane Jacob menggunakan pendekatan observasional pada buku ini, B’timers. Dia mengambil kliping dari koran untuk mengambil kesimpulan mengenai perilaku moral eksekutif. Hal ini diakuinya sangat penting dalam menekankan teori tentang moralitas kerja. Selain itu Jane juga ingin menggambarkan kemungkinan apa yang akan terjadi ketika kedua sindrom moral tersebut dicampur.

Dark Age Ahead

Apa yang dikemukakan oleh Jane Jacob dalam Dark Age Ahead adalah bahwa peradaban Amerika Utara menunjukkan adanya tanda-tanda spiral penurunan yang sama dengan masa ketika runtuhnya kekaisaran Romawi. Seperti yang terlihat dari judulnya, isinya dianggap lebih pesimis dibanding buku sebelumnya. Lebih lanjut, Jane mengungkapkan perasaan tidak optimisnya mengenai masa depan ketika dia menulis buku tersebut.

Google Doodle: Mengenal Jane Jacob dari Bukunya | Breaktime
Masuk ke dalam pemikiran Jacob mengenai masa depan

Hmm, mungkin buku-bukunya memiliki tema yang berat. Namun, Anda bisa mencoba membaca salah satu karya inspirasi Google Doodle hari ini untuk mengambil kesimpulan apa yang dia ungkapkan melalui tulisannya, lho, B’timers. (NO)

Share This Article