Google Doodle: Mario Miranda 5 Gambar Klasiknya | Breaktime
Google Doodle: Mario Miranda dan 5 Gambar Klasiknya
02.05.2016

Hah, kenapa ada gambar kartun yang muncul ketika membuka situs utama Google pagi ini, ya? Mungkin Anda bertanya apa arti dari kesibukan orang-orang di tengah kota dengan payung warna-warninya. Hari ini, Senin, 2 Mei 2016, Google Doodle sengaja menampilkan kartun tersebut untuk memperingati ulang tahun Mario Miranda yang ke 90 tahun. Siapa, sih, dia?

Adalah seorang legenda dalam dunia kartun. Anumerta Padma Vibushan pada tahun 2012 diberikan beberapa bulan setelah dia meninggal pada usia 85 tahun, B’timers. Selama dua dekade, karyanya menyapa pembaca The Economic Times dan The Illustrated Weekly India. Yuk, kenalan lebih dekat dengan kartunis dan pelukis terkenal dari India melalui goresan klasik berikut ini, B’timers!

The bachelor apartment

Google Doodle: Mario Miranda 5 Gambar Klasiknya | Breaktime
Wah, seperti anak kos di Indonesia, ya?

Sejak 14 tahun, seorang arsitek Gerard da Cunha berkolaborasi dengan sang illustrator legendaris India. Dan dia mengatakan, bahwa coretan yang satu ini merupakan salah satu favorit dari sekian ribu kartun yang digambar Mario, lho. Awalnya Mario mengerjakan ini untuk majalah Cocktail di Bombay. Digambar di atas kertas kuning dengan detail indah mengenai kehidupan seorang pria. Lengkap dengan berbagai jenis majalah yang dilihat pria, buku-buku dan segala kekacauan di apartemen.

Man at the corner

Google Doodle: Mario Miranda 5 Gambar Klasiknya | Breaktime
Semangat kota New York di mata Mario Miranda

Untuk karya yang satu ini, dikerjakan saat Mario berada di New York untuk sebuah pameran, B’timers. Setelah dia berhenti bekerja untuk The Times of India pada tahun 80-an, dia memutuskan menjadi seorang freelancer di Amerika, B’timers. Dia mulai menuangkan apa yang ada di bayangannya dalam lukisan-lukisan cat air. Karyanya, Man at the corner dikatakan mencerminkan semangat kota New York yang dia tangkap melalui kedua matanya.

Mangeshi Temple

Google Doodle: Mario Miranda 5 Gambar Klasiknya | Breaktime
Meskipun hanya sketsa, tapi tetap apik

Cunha memilih ini, karena merupakan ilustrasi yang paling hot di antara yang lainnya. The Mangeshi Temple adalah kuil paling terkenal di Goa. Anda bisa merasakan keindahan tertuang dalam setiap goresan. Mario membuat murni sketsa yang sangat sederhana. Meskipun demikian, dia tidak melupakan detail yang merupakan ciri khas dari goresan tangannya. Tampak ada gedung-gedung indah berjajar yang memiliki makna simbolis dari Goa.

Village bus

Google Doodle: Mario Miranda 5 Gambar Klasiknya | Breaktime
Bus kota ini tampak tak asing, ya?

Salah satu gambar paling gila dari tokoh inspirasi Google Doodle hari ini adalah, Mario mengajak penikmat karyanya untuk merasakan, ketika dia menggunakan the old Goan bus untuk melakukan perjalanan sekitar 20 – 25 tahun yang lalu. Adegan bus ini adalah sesuatu yang digunakan untuk membangkitkan kenangan masa kecil yang menggelikan. Dia pernah  duduk terapit di antara dua wanita gemuk di sampingnya. Hmm, terlihat seperti bus yang sering Anda naiki di Indonesia, B’timers?

Strange heaviness

Google Doodle: Mario Miranda 5 Gambar Klasiknya | Breaktime
Gurauan garing a la Mario Miranda

Anda mungkin sekarang sudah cukup sering melihat kartun dengan ekspresi wajah yang datar. Mario ternyata juga pernah menuangkan karya dengan sentuhan humor dan tokoh kartun yang tanpa roman wajah, lho! Dia telah melakukannya dengan sangat baik. Bayangkan jika Anda seorang dokter yang didatangi pasien dengan keluhan ada gangguan berat di kepalanya belakangan ini. Perhatikan yang dipakai wanita tersebut di kepalanya, B’timers!

Nah, itulah sekelebat tentang sosok yang menginspirasi Google Doodle hari ini, B’timers, sangat menarik, bukan? (NO)

Share This Article