Google Doodle: Ladislao José Biro Penemu Bolpoin | Breaktime
Google Doodle: Ladislao José Biro Penemu Bolpoin
29.09.2016

Dilahirkan pada 29 September 1899, Ladiso José Biro hari ini merayakan ulang tahunnya yang ke 117, B’timers. Dan alasan kenapa sosoknya dimunculkan dalam animasi sederhana pada laman awal di mesin pencari Google adalah, karena penemuannya yang sangat berguna bagi kehidupan kita saat ini. Yuk, kenalan dengan sang penemu yang dirayakan dalam Doodle hari ini oleh Google, B’timers!

Penemuan penting di Perang Dunia II

Hayoo, Anda tahu tidak, jika bolpoin yang kita gunakan saat ini sudah berusia lebih kurang dari delapan dekade, B’timers? Nah, penciptanya adalah Ladiso José Biro. Diciptakan ketika Perang Dunia II baru saja berlangsung atau sekitar tahun 1938. Biro sebenarnya bekerja sebagai wartawan, seorang pelukis amatir dan sekaligus penemu yang sedikit frustasi.

Ide datang saat kunjungan ke percetakan

Jika kita pikirkan, bagaimana ide untuk membuat bolpoin dengan bola yang berputar untuk mengalirkan tinta pada masa itu, mungkin Anda hanya akan mendapatkan rasa pening di kepala. Namun hal itu tidak dirasakan oleh Biro. Dia justru menemukan ide membuat bolpoin secara tidak sengaja, ketika dia tengah  berkunjung ke percetakan surat kabar.

Google Doodle: Ladislao José Biro Penemu Bolpoin | Breaktime
Bolpoin temuannya berguna pada Perang Dunia II

Cara kerja bolpoin modern hasil karya Biro

Sebelum bolpoin modern ditemukan, sebenarnya manusia sudah menemukan alat uang bisa digunakan untuk menulis, B’timers. Sejak tahun 600 SM, pena sudah ada. Sementara pensil baru muncul di tahun 1795. Nah, Biro pun bukan orang pertama yang datang dengan ide rollerball yang berguna mengalirkan tinta. John Loud telah mematenkan bolpoin pertama pada 1888, namun gagal dikomersilkan.

Nah, jika Anda penasaran dengan merek bolpoin yang diciptakan oleh Ladiso José Biro, coba cek ke toko buku. Setelah paten dibeli oleh Marchel Bich pada 1945, bolpoin temuan pada masa Perang Dunia II ini mendapatkan merek BiC, sesuai dengan perusahaan milik Bich, B’timers. (NO)

Share This Article