Google Doodle: Jean Batten Rekor Pilot Wanita | Breaktime
Google Doodle: Jean Batten Pilot Wanita dengan Rekor
15.09.2016

Hmm, siapa wanita yang berdiri di samping pesawat terbang di halaman awal mesin pencari Google hari ini, 15 September 2016, ya, B’timers. Dia hadir dengan senyuman ceria sambil mendekap seekor kucing. Dia adalah pilot wanita yang berhasil memecahkan rekor dunia. Dan ini merupakan hari ulang tahunnya ke-107, B’timers. Yuk, kenalan dengan sosok terkenal dalam sejarah berikut ini, B’timers!

Google Doodle: Jean Batten Rekor Pilot Wanita | Breaktime
Pesawat yang digunakan Jean untuk mengarungi angkasa

Kelahiran wanita pengarung angkasa luas

Adalah Jean Batten. Dilahirkan tahun 1909 di Rotorua, Pulau Utara, Selandia Baru. Wanita dengan nama lengkap Jean Gardner Batten ini melakukan penerbangan dan berhasil memecahkan rekor di tahun 1933 hingga 1937. Dan rekor inilah yang membuat namanya menjadi yang paling dikenal di dataran Selandia Baru tahun 1930-an, B’timers.

Sebenarnya Batten dikirim oleh orangtua ke Inggris untuk mempelajari musik, namun dia ternyata lebih tertarik pada penerbangan. Dan berhasil mendapatkan lisensi pilot swasta pada tahun 1930. Dua tahun kemudian, dia memperoleh lisensi pilot komersial. Sementara pada Mei 1934, Batten memecahkan satu rekor perempuan dalam penerbangan solo dari Inggris ke Australia dalam 14 hari, 23 jam dan 25 menit.

Google Doodle: Jean Batten Rekor Pilot Wanita | Breaktime
Batten ketika menerima penghargaan atas rekornya

Wanita yang memecahkan rekor terbang

Rekor yang diperolehnya tak hanya itu. Karena pada April 1935, ia wanita pertama yang terbang sendiri dari Australia ke Inggris. November 1936, Batten memecahkan rekor sebagai pilot wanita yang membuat penerbangan solo dari Inggris ke Argentina. Bulan Oktober 1936, dia pun berhasil menjadi pilot pertama yang melakukan penerbangan langsung dari Inggris ke Selandia Baru.

Rekornya masih berlanjut dengan melakukan penerbangan solo dari Australia ke Inggris, pada Oktober 1937, yang dilanjutkan dengan rekor penerbangan dari Inggris ke Brasil. Rekor yang dimiliki oleh Batten pun membuatnya banyak menerima gelar kehormatan dan menjadikannya selebriti internasional. Tapi setelah itu, dia memutuskan untuk berhenti terbang, B’timers.

Jika Anda penasaran dengan kisah lengkap Jean Batten, petualangannya tertulis dalam otobiografinya yang berjudul My Life yang ditulis pada tahun 1938, B’timers. (NO)

Share This Article