Google Doodle: Fakta Unik tentang Lotte Reiniger | Breaktime
Google Doodle: Fakta Unik tentang Lotte Reiniger
02.06.2016

Hari ini, Kamis, 2 Juni 2016, ada sesuatu yang berbeda dari mesin pencari Google. Ya, karena Google sedang merayakan ulang tahun Lotte Reiniger yang ke-117 tahun, B’timers. Siapa, wanita itu, sih? Dia adalah seorang sutradara wanita terkenal asal Jerman yang menjadi pelopor film animasi siluet. Bahkan Walt Disney menggunakan tekniknya, lho, B’timers. Yuk, simak fakta unik lain tentang wanita bernama lengkap Charlotte Reiniger berikut ini, B’timers!

Lotte di kehidupan awalnya

Dilahirkan di Berlin, Chartollenburg pada 2 Juni 1899, Lotte sangat tertarik dengan seni siluet wayang China. Dia bahkan membangun teater bonekanya sendiri, di mana dia sering membuat acara untuk keluarga dan teman dengan pertunjukannya sendiri.

Google Doodle: Fakta Unik tentang Lotte Reiniger | Breaktime
Lotte saat menghasilkan karya animasinya

Belajar dari Paul Wegener

Setelah usianya menginjak remaja, Reiniger mulai jatuh cinta pada dunia perfilman, terutama karya George Melies dengan efek khususnya. Setelah belajar dari Paul Wegener, seorang sutradara dan aktor, Lotte mulai membuat potret siluet dari berbagai aktor.

Karyanya mulai terkenal

Pada tahun 1918, Reiniger membuat animasi tikus kayu dan menciptakan teks animasi di layar untuk Wegener der Ratten faenger von Hamelin atau The Pied Piper of Hamelin. Dari karyanya tersebut, Institut fuer Kulturforschung memberikan penghargaan.

Google Doodle: Fakta Unik tentang Lotte Reiniger | Breaktime
Dunia peri bersayap dalam animasi Lotte

Animator Jerman paling ambisius

Beberapa film pendek yang dibuatnya selama 6 tahun, dengan efek khusus. Yang paling terkenal adalah siluet elang di bagian pertama dalam film Fritz Lang’s die Nibelungen. Karena itu, Lotte Reiniger masuk dalam jajaran animator paling ambisius di Jerman.

Lotte dan animasi Walt Disney

Karena kecintaannya pada anak-anak, dia menghasilkan banyak film animasi. Bukan hal yang mengherankan jika akhirnya Walt Disney melirik Lotte Reiniger. Sleeping Beauty, Cinderella, Aladdin hingga Puss in Boots adalah cerita dari Bruder Grimm yang diadaptasikan ke dalam karyanya.

Google Doodle: Fakta Unik tentang Lotte Reiniger | Breaktime
Salah satu adegan dalam Petualangan Pangeran Ahmed

Hmm, dunia animasi yang kita kenal ternyata sudah dimulai sejak lama, ya, B’timers? (NO)

Share This Article