Google Doodle Fakta Unik Tentang Olympic Games | Breaktime
Google Doodle: Fakta Menarik Tentang Olympic Games
06.04.2016

Ada apa di halaman pencarian Google dengan gambar tugu dengan seorang pria berlari, B’timers? Itu karena hari ini, 6 April 2016 merupakan peringatan 120 tahun Olympic Games pertama. Well, sebenarnya Olimpiade asli dirayakan sebagai festival keagamaan dari 776 SM sampai 393 Masehi. Nah, ada fakta apa lagi mengenai Olympic Games pertama ini, ya?

Hidupnya turnamen kuno di Yunani

Olimpiade sebenarnya merupakan bentuk perayaan terhadap Dewa Zeus yang merupakan dewa dari segala dewa di Yunani. Namun itu dianggap sebagai bentuk kekafiran karena tidak sesuai dengan agama resmi Kekaisaran, yaitu Kristen. Karena itulah Kaisar Romawi Theodosius I melarangnya. Lalu pada tanggan 23 Juni 1894, seorang pendidik Perancis, Baron Pierre de Coubertin mengusulkan agar permainan kuno tersebut dihidupkan kembali dengan skala internasional.

Bendera resmi Olimpiade

Dibuat oleh Coubertin pada tahun 1914. Anda pasti penasaran mengapa bendera Olimpiade harus bergambarkan lima cincin warna-warni yang saling berhubungan dengan latar belakang putih? Kelima cincin tersebut melambangkan lima benua yang saling berhubungan untuk melambangkan persahabatan yang diperoleh dari kompetisi internasional. Dan warna-warna tersebut dipilih karena setidaknya salah satu warna ada pada bendera setiap negara di dunia, B’timers.

Google Doodle Fakta Unik Tentang Olympic Games | Breaktime
Logo Olimpiade Modern berlatar bendera negara-negara di dunia

Ada apa di balik api Olimpiade?

Budaya menyalakan api atau obor Olimpiade setiap Olimpiade modern, sebenarnya merupakan kelanjutan dari Olimpiade Yunani. Saat itu api dinyalakan langsung dengan matahari, lho, B’timers. Dan dibiarkan menyala hingga penutupan Olimpiade. Api menjadi simbol dari banyak hal, seperti kemurnian dan kesempurnaan. Pada tahun 1936, ketua panitia Carl Diem menyarankan estafet obor sebelum menyalakan api Olimpiade. Hal itu berlanjut hingga saat ini.

Perempuan dilarang ikut bersaing

Meskipun ada kerjasama antara negara-negara untuk berlangsungnya turnamen ini, tidak satupun perempuan yang diperbolehkan untuk ikut bersaing, B’timers. Dikatakan bahwa keikutsertaan perempuan di dalam kompetisi akan membuat kompetisi di Olimpiade menjadi tidak menarik. Seperti yang terjadi pada atlet lari Stamata Revithi yang berlari marathon setelah pesaing laki-laki selesai. Namun bentuk kampanye untuk mengakui prestasinya tetap gagal.

Google Doodle Fakta Unik Tentang Olympic Games | Breaktime
Kini tak hanya kaum pria yang diizinkan berkompetisi di Olimpiade

Tidak ada Olimpiade musim dingin hingga 1924

Dengan keberhasilan turnamen untuk musim panas, turnamen pada musim dingin menyusul untuk pertama kalinya di Chamonix Perancis pada Januari 1924. Pada tahun itu cabang olahraga musim dingin mulai dipertandingkan, seperti ice skating, hoki es, bobsledding dan biathlon. Lalu pada tahun 1960, Olimpiade musim dingin di Squaw Valley California, Walt Disney digandeng untuk menyelenggarakan upacara pembukaan Olimpiade.

Dan sampai saat ini, lebih dari 11 ribu atlet dari 20 negara berkompetisi di ajang rutin tersebut, B’timers. (NO)

Share This Article