Google Doodle: Eva Ekeblad & Segelintir Penemuan | Breaktime
Google Doodle: Eva Ekeblad & Segelintir Penemuannya
10.07.2017

Countess Eva Ekeblad adalah seorang bangsawan dan ahli agronomi Swedia yang berhasil menemukan teknik mengekstrak pati dari kentang dan pembuatan alkohol bebas gluten seperti vodka, moondshine, dan potato wine. Ia lahir di Swedia pada 10 Juli 1724 silam. Hari ini Google membuat Doodle sebagai salah satu cara merayakan ulang tahun Eva yang ke 293.

Berkat penemuannya tersebut, Eva jadi wanita pertama yang diterima di Royal Swedish Academy of Sciences. Keberhasilannya dalam membuat tepung dan alkohol dari kentang membuat kehidupannya terus berubah. Kentang sendiri pertama kali sampai di Swedia adalah pada tahun 1658. Sebelum penemuan Eva ini, masyarakat menganggap bahwa kentang tidak bisa dimakan manusia, melainkan hanya untuk hewan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Google Doodle Oskar Fischinger dan Animasi Musik

Selain itu, pada tahun 1658 kentang hanya dibudidayakan di rumah kaca kalangan bangsawan.  Sebelum berhasil menemukan teknik tersebut, Eva menanam kentangnya sendiri dan mulai bereksperimen. Ia pun sempat mendengar bahwa di Jerman, kentang telah digunakan sebagai bahan dasar minuman beralkohol.

Pada tahun 1746, Eva menemukan bahwa sayuran langka bisa dimasak, dilumatkan, dan dikeringkan hingga berubah menjadi tepung. Kentang yang diubah menjadi alkohol harus melewati sebuah teknik yang disebut distilasi. Di usianya yang ke 24 tahun, Eva pun menyerahkan temuannya ke Royal Swedish Academy of Sciences.

Penemuan Eva ini mampu membantu memecahkan krisis pangan di Swedia. Negara ini sempat mengalami krisis sereal seperti oats dan barley. Swedia menjadikan kedua bahan tersebut sebagai makanan dan minuman. Meski telah ditemukan teknik terbaru, sayuran tersebut tidak menjadi makanan pokok di Swedia hingga abad ke-19. Di waktu yang bersamaan, kentang menjadi begitu terkenal dalam masakan Inggris dan didukung oleh kemajuan ekonomi serta Revolusi Industri.

Pada 1786, Eva akhirnya meninggal dunia. Namun, Royal Swedish Academy of Sciences tidak memilih wanita lain sebagai gantinya hingga pada tahun 1951.

Google Doodle: Eva Ekeblad & Segelintir Penemuan | Breaktime
Sosok Eva Ekeblad
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Google Doodle: Zara Hadid, Arsitek di Era Modern

Sebelum ia meninggal, Eva rupanya tak hanya menemukan teknik mengubah kentang menjadi tepung dan alkohol. Ia juga memiliki penemuan lain, yaitu membuat inovasi metode pemutihan tekstil kapas dan benang dari sabun pada tahun 1751.

Ia juga sempat bereksperimen dengan bunga kentang dan melakukan substitusi bahan-bahan berbahaya dalam kosmetik dengan menggunakan bunga kentang. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa Eva merupakan wanita pertama yang diterima di Royal Swedish Academy of Sciences, ternyata pencapaiannya bukan hanya itu saja. Ia juga diangkat menjadi anggota kehormatan dalam organisasi kaum akademik tingkat tinggi tersebut setelah tiga tahun berada di sana.

Oleh keluarganya, Eva bahkan diminta untuk mengurus tiga perkebunan. Ia pun dikenal bertangan besi di kalangan para petani. Meski begitu, dirinya dikenal sangat adil dalam memimpin, melindungi para petani, dan sukses menangani perkara sengketa di wilayah perkebunannya.

Berkat penemuan besarnya dan sikap yang dimiliki seorang Eva Ekeblad tersebut yang membuat Google Doodle merayakan ulang tahun sang penemu. Anda juga bisa ikut merayakan ulang tahun Eva dengan cara yang berbeda.

B’timers bisa menjadi sosok Eva dengan membuat tepung dari kentang sendiri. Caranya ternyata tidak sulit. Untuk memulai, Anda hanya memerlukan 4 kg kentang yang nantinya akan menghasilkan 1 kg tepung.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Google Doodle Cassini, 20 tahun Jelajah Saturnus

Langkah selanjutnya, kupas kentang dan rebus hingga lembut/mash. Letakkan mash potato pada dehidrator dan biarkan selama 12 – 20 jam hingga kelembaban hilang. Masukkan kentang kering dalam blender dan kocok hingga terbentuk bubuk halus. Setelah selesai, pastikan menyimpan tepung dalam wadah yang kedap udara.

Sosok Eva bisa menjadi inspirasi kita semua untuk tidak mudah menyerah, berbuat adil, memiliki jiwa kepemimpinan yang bagus, dan tidak takut mencoba hal-hal baru. Selamat ulang tahun Eva Ekeblad! (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
GUIDE