Google Doodle, Fakta Tentang Pandit Ravi Shankar | Breaktime
Google Doodle: 5 Fakta Tentang Pandit Ravi Shankar
07.04.2016

Pada homepage-nya, Google telah menandai ulang tahun seorang maestro sitar dunia yang ke 96 tahun. Banyak dari Anda yang mungkin bertanya, siapa sih, orang yang muncul di halaman pertama Google hari ini, 7 April 2016? Kenalkan, adalah Pandit Ravi Shankar, seorang musisi India yang dikenal sangat jago bermain alat musik sitar. Dan khusus untuk Anda, Breaktime menyajikan fakta mengenai sang maestro!

Awal karier sebagai penari

Dilahirkan dari keluarga Bengali di Benares, British India, Pandit menghabiskan masa mudanya untuk melakukan tur India dan Eropa bersama kelompok tari sang kakak, Uday Shankar. Lalu pada tahun 1938, Pandit menyerah menari dan mulai belajar sitar dari seorang pemain musik. Setelah menyelesaikan studinya pada 1944, diapun bekerja sebagai komposer, dan menciptakan musik.

Meminta Harrison menyamar

Ketika gitaris The Beatles, George Harrison mengunjunginya pada September 1966 untuk belajar sitar, Pandit memintanya untuk mengubah penampilan sang gitaris untuk menghindari keramaian. Tapi ide tersebut tidak berhasil. Ada seorang anak di Taj Mahal Palace dan Tower Hotel di Mumbai yang langsung mengenali George Harrison. Karena itu mereka terpaksa berlatih di rumah perahu.

Google Doodle, Fakta Tentang Pandit Ravi Shankar | Breaktime
George Harrison, gitaris band legendaris bersama sang guru, Pandit Ravi Shankar

Berguru pada Baba Allaudin Khan

Sang guru, Baba Allaudin Khan sangat terkenal dengan temperamennya yang tinggi. Apalagi jika melihat hasil latihan sang murid yang tidak terlalu memuaskan. Beberapa kali amarahnya hampir membuat Pandit urung untuk melanjutkan latihannya bersama Baba. Namun karena suatu hal, sang guru ternyata belajar dari kesalahannya dan berubah menjadi guru yang baik.

Menciptakan raga baru untuk Mahatma Ghandi

Karena diminta memainkan sesuatu yang sedih terkait pembunuhan Mahatma Ghandi pada tahun 1948, Pandit pun mengembangkan tema melodi baru berdasarkan mana Ghandi. Dia bahkan mengambil tiga catatan dari Sargam untuk mewujudkannya. Raga tersebut yang kemudian digunakan sebagai soundtrack dari film Gandhi yang dikeluarkan pada tahun 1982, B’timers.

Google Doodle, Fakta Tentang Pandit Ravi Shankar | Breaktime
Penampilan Pandit Ravi Shankar bersama sang putri

Penghormatan dari nama “Pandit”

Nama “Pandit” diberikan sebagai bentuk penghormatan pada orang bijak atau orang yang belajar di India.  Nama ini juga bisa berarti sarjana atau guru. Namun lebih diutamakan mereka yang terampil dalam Bahasa Sansekerta dan menguasai Kitab Suci Veda, ritual Hindu, hukum, agama dan musik di bawah pengajaran seorang guru yang diakui.

Anda bisa berkenalan dengan warna musik Pandit Ravi Shankar juga, kok, B’timers. Dengan irama musik Carnatic dipadu genre serius menampilkan komposisi yang unik di dengar. (NO)

Share This Article