Google Doodle: 5 Fakta Tentang Caroline Herschel | Breaktime
Google Doodle: 5 Fakta Tentang Caroline Herschel
16.03.2016

Bagi B’timers yang suka menikmati fenomena alam yang terjadi di angkasa, pasti tidak asing dengan nama Caroline Herschel, bukan? Yap, hari ini tepat 266 tahun sejak kelahiran seorang wanita Jerman yang berkontribusi dalam dunia pengetahuan, untuk penemuan sejumlah komet.

Dan, Google Doodle memberi penghormatan dengan menunjukkan Herschel tengah melihat langit melalui teleskopnya. Nah, ada beberapa fakta mengenai ahli astronomi ini yang mungkin belum Anda ketahui, B’timers. Apa saja, ya?

  • Diprediksi tidak berumur panjang

Dilahirkan di Hannover, Jerman pada 15 Maret 1750, Herschel adalah anak ke-8 dari keluarga pedesaan. Ketika berusia 10 tahun, Herschel terserang tifus, yang akhirnya menghambat pertumbuhan serta meninggalkan bekas luka. Karena itu, dia diperkirakan tidak akan berumur lebih dari 50 tahun. Tapi kenyataannya, adik dari William Herschel ini hidup hingga usia 97 tahun, B’timers!

Google Doodle: 5 Fakta Tentang Caroline Herschel | Breaktime
Tampilan Google Doodle hari ini
  1. Bekerja sebagai penyanyi

Setelah melalui masa kecil yang sulit, pada usia 22 tahun, Herschel mengikuti kakaknya pindah ke Inggris. Awalnya dia dilatih William untuk menjadi seorang penyanyi. Dan Caroline pun bekerja sebagai penyanyi soprano di banyak pertunjukan. Namun, saat William mengembangkan bakatnya di bidang astronomi, sang adik pun menunjukkan ketertarikannya dan berhasil menemukan 8 komet.

  • Tidak pernah menikah

Karena tifus yang pernah dideritanya, ayah Caroline memutuskan agar putrinya tidak menikah dan diminta mengajar musik. Hubungan kakak beradik itu sempat memanas, ketika William menikahi Mary Pitt. Namun setelah beberapa waktu, Caroline dapat mendekatkan diri dengan keponakannya yang bernama John. Dan John Herschel-lah yang kemudian meneruskan usaha Caroline dalam astronomi.

  • Sebuah kawah di bulan memiliki namanya

Pada tahun 1828, Royal Astronomical Society memberikan medali emas sebagai bentuk penghargaan terhadap kontribusinya pada dunia astronomi. Bentuk penghargaan lain adalah dengan memberikan namanya untuk kawah C pada bulan, begitu juga asteroid 281 Lucretia yang akan menyapa bumi pada tahun 2092. Tak ketinggalan puisi Adienne Rich “Planetarium”  pada 1968 yang memasukkan namanya.

Google Doodle: 5 Fakta Tentang Caroline Herschel | Breaktime
Caroline Herschel sang astronom
  1. Kutipannya yang menggambarkan kecerdasan

Tak diragukan lagi, bahwa Herschel adalah sosok wanita yang cerdas dan berwawasan, B’timers. Ia mencetuskan kata-kata tentang pentingnya sifat feminisme, serta quote seperti “Kita tidak menilai sebuah karya seni. Karya seni-lah yang menilai kita”.

Dan Caroline Herschel menjadi bukti, bahwa keterbatasan seseorang tidak menghalanginya untuk mengembangkan kecintaan pada dunia astronomi, kan, B’timers? (NO)

Share This Article