Fotografer Wajib Punya 3 Lensa DSLR Ini! | Breaktime
Fotografer Wajib Punya 3 Lensa DSLR Ini!
21.08.2015

Pertanyaan yang paling sering ketika pikirkan saat membeli kamera DSLR adalah, ‘Lensa jenis apa yang wajib saya miliki?’. Sebenarnya, dalam membeli lensa untuk DSLR cukup disesuaikan dengan kebutuhan. Nah, berikut ini 3 lensa rekomendasi Breaktime yang perlu Anda pertimbangkan:

Kit Lens

Kit Lens, murah dan mumpuni
Kit Lens, murah dan mumpuni

Apapun merek kamera yang dibeli, Anda wajib memiliki kit lens. Selain harga bundle yang tentu saja lebih murah dibanding membeli secara terpisah, kit lens juga menjadi lensa yang sempurna untuk kebutuhan fotografi Anda.

Hanya dengan kit lens, Anda bisa bermain dengan kedua sudut lebar dan kemampuan ‘zoom’ yang dapat memperbesar benda yang jaraknya jauh. Intinya, Anda masih bisa mengambil gambar dengan bagus hanya dengan kit lens.

Telephoto zoom

Bodi lensa panjang khas tele zoom
Bodi lensa panjang khas tele zoom

Umumnya, pemilik kamera DSLR menginginkan untuk mengambil gambar dari jarak jauh, seperti memotret hewan di kebun binatang ataupun memotret anak yang sedang bermain di taman. Sebenarnya, kit lens bisa melakukannya namun hanya memberikan focal length maksimum 55 mm. Untuk itu, Anda memerlukan lensa tele zoom yang akan memberikan hasil foto yang jauh lebih baik.

Tele zoom memiliki lensa 55-200 mm dengan harga yang berkisar antara Rp 1 hingga 3 juta saja. Sedangkan lensa dengan kemampuan 18-200mm dibanderol dengan harga Rp 4 hingga 7 juta. Jika masih kurang mumpuni, belilah lensa 70-300 mm dengan harga Rp 4 sampai 12 juta. Tapi, lensa tele zoom manapun yang dipilih, pastikan Anda menikmati hasil jepretan.

Makro

Lensa makro untuk bidikan jarak dekat
Lensa makro untuk bidikan jarak dekat

Lensa yang satu ini bisa dibilang menjadi favorit para fotografer. Membidik obyek dengan jarak dekat dan membuat obyek yang lain blur perlu kemampuan tersendiri. Tapi dengan lensa makro, hal ini bisa dilakukan dengan mudah. Lensa ini sangat cocok bagi Anda yang suka membidik serangga, kelopak bunga, ataupun benda-benda kecil lainnya seperti uang koin, tulisan pada buku, ataupun perangko.

Untuk lensa makro, Anda bisa memperolehnya mulai harga Rp 4 juta, tergantung kemampuan dan aperture masing-masing lensa.

Share This Article