Fakta Unik Lampu Bohlam yang Perlu Kita Tahu | Breaktime
Fakta Unik Lampu Bohlam yang Perlu Kita Tahu
22.02.2016

Di era sekarang ini sungguh tidak mungkin jika kita hidup tanpa sumber penerangan, ya B’timers? Memang sejak ditemukan lebih dari 150 tahun yang lalu lampu bohlam atau bola lampu tidak bisa dilepaskan dari aktivitas sehari-hari. Terutama saat kita berada di dalam ruangan tanpa akses matahari atau ketika malam hari. Tapi tahukah Anda tentang beberapa fakta menarik tentang lampu bohlam ini, B’timers?

Fakta 1

Tentu semua orang tahu bahwa Thomas Edison-lah yang menemukan bola lampu. Namun di beberapa sekolah dasar di negara tertentu, anak-anak diajarkan bahwa Joseph Wilson Swan merupakan penemu sebenarnya. Dan, siapa yang Anda percayai mungkin melihat di sisi dunia bagian mana kita saat ini tinggal.

Fakta Unik Lampu Bohlam yang Perlu Kita Tahu | Breaktime
Matikan lampu jika tidak diperlukan

Fakta 2

Rata-rata gajah memiliki berat sekitar 6 ton atau 12000 pound. Jumlah yang sangat banyak, ya? Dan jika setiap rumah tangga mengganti 5 lampu bohlam mereka dengan lampu hemat energi, seluruh negara akan mengurangi efek rumah kaca sekitar 1 triliun pound. Itu artinya sama dengan 83 juta ekor gajah, B’timers!

Fakta 3

Lampu hemat energi tidak hanya menyelamatkan lingkungan dan dompet Anda saja, lho. Tetapi juga mengurangi panas di dalam rumah Anda, khususnya saat musim panas. Karena rata-rata lampu hemat energi mengeluarkan panas sebanyak 70 % lebih sedikit dibandingkan dengan lampu bohlam yang Anda anggap lebih murah.

Fakta Unik Lampu Bohlam yang Perlu Kita Tahu | Breaktime
Lampu bohlam membuat udara di rumah lebih panas

Dan bagaimana menurut Anda mengenai penggunaan lampu hemat energi daripada menggunakan lampu bohlam, B’timers? (NO)

Share This Article