Edit Foto Sederhana Instagramable Di Photoshop | Breaktime
Edit Foto Sederhana Instagramable Dengan Photoshop
16.12.2016

Berbagai cara dan jenis edit foto mulai banyak variasinya saat ini. Tak hanya menggunakan aplikasi edit di PC sekelas Photoshop, smartphone Anda juga bisa diisi dengan berbagai macam aplikasi edit foto yang wow! Tetapi, salah satu teknik edit foto yang sedang hits saat ini adalah golden hour.

Maksudnya adalah memberikan efek cahaya matahari dalam foto berkonsep outdoor agar terlihat lebih real. Dalam proses edit foto yang seperti ini, seringkali memunculkan efek flare dari sumber sinar agar cahaya lebih menarik. Selain itu juga, menurunkan tingkat shadow.

Sebenarnya masih banyak lagi teknik yang harus diatur seperti highlights dan exposure. Edit foto seperti ini, bisa Anda lakukan dengan menggunakan Photoshop. Nah, untuk lebih jelasnya, B’timers sebaiknya simak cara edit foto sederhana untuk hasil foto menakjubkan berikut ini.

Baca juga : 5 APLIKASI EDIT FOTO TERBAIK ABAD INI, APA SAJA?

Langkah 1

Buka file foto dengan model yang berada di luar ruangan. Kemudian atur tone dan warna foto dengan mengklik New Layer Adjustment > Curves.

Langkah 2

Setelah itu, akan muncul sebuah box. Nah, B’timers bisa menurunkan shadow pada foto dengan menggeser titik yang ada di pojok kiri bawah kea rah atas. Ini akan membuat foto tampak lebih soft. Lalu, turunkan area highlight pada foto dengan menggeser titik yang di pojok kanan atas pada kotak Curves.

Langkah 3

Edit Foto Sederhana Instagramable Di Photoshop | Breaktime
Curves pada saat mengedit foto. (Photo by Google)

Nah, selanjutnya adalah bagaimana mengatur kontras. Sama saja B’timers, masih ada dalam Curves box dan atur kontras sesuai dengan selera Anda. Kalau bisa, sih atur contrast seperti yang ada pada gambar terebut.

Langkah 4

Selanjutnya, pilih channel Blue pada bagian warna atau Anda bisa langsung mengetik Alt+5. Lakukan hal ini saat Anda menaikkan titik shadow dan menurunkan titik highlight. Apa fungsinya? Yup, ketika Anda memilih channel Blue saat menurunkan highlight, maka akan muncul efek warna kuning pada foto sehingga tampak seolah-olah seperti cahaya matahari.

Langkah 5

Kemudian, ubah lagi menjadi Red atau Alt+3 dan geser titik highlight yang berada di pojok kanan atas menjadi agak ke kiri.

Langkah 6

Oke, finish with the curves box, klik kembali layer background untuk membuat efek gradasi pada cahaya. Tetapi kembali pada cara pertama, yaitu membuat New Layer Adjustment > Curves. Kemudian klik kotak putih yang ada pada layer. Pilih Gradient Tool pada Tool Box. Pada Option Bar pilih saja mode Radial Gradient. Pastikan warna foreground putih dan background hitam.

Baca juga : PRISMA, APLIKASI EDIT FOTO YANG SANGAT ARTISTIK

Langkah 7

Langkah selanjutnya adalah klik sudut kiri atas foto dan drag ke arah kanan bawah. Anda akan melihat perubahan warna pada Layer Masking. Kemudian klik ikon Layer Curves. Buat bentuk kurva sedikit melengkung di bagian atas untuk menghasilkan sumber cahaya di sudut kiri atas.

Langkah 8

Next, adalah finishing dengan menambahkan efek flare pada foto. Buat layer baru tepat di bawah layer Tone and Colour. Selanjutnya, klik Eye Dropper Tool dan klik pada area yang paling terang. Setelah itu, klik Gradient Tool dan pilih mode yang nomer dua. Klik pada kiri atas dan drag ke tengah hingga muncul efek flare.

Cukup sederhana, kan B’timers cara edit foto dengan efek cahaya matahari. Asyik banget, lah untuk koleksi foto di Instagram Anda. Happy trying! (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE