Dunia Berubah Sejak 5 Penemuan Bangsa China Ini! | Breaktime
Dunia Berubah Sejak 5 Penemuan Bangsa China Ini!
28.01.2017

China adalah sebuah negara di dunia yang terkenal dengan jumlah penduduk yang padat dan kebudayaan yang besar. China saat ini juga merupakan salah satu negara maju di dunia. Mengapa? Yup, ini karena China mampu membuktikan dirinya mampu bersaing dalam dunia teknologi, fashion, dan masih banyak lagi.

Namun, meski demikian masyarakat dunia masih menganggap bahwa produk-produk China tidak sebaik dengan produksi negara lain. Banyak orang yang masih membanding-bandingkan hasil kerja masyarakat Tiongkok. 

Baca juga : WAH, TERNYATA BEGINI SEJARAH LAHIRNYA IPHONE!

Padahal jika dilihat ke belakang, negeri Tirai Bambu ini telah melakukan banyak hal yang akhirnya mampu mengubah dunia hingga saat ini. Yup, bangsa China sudah mengenal teknologi canggih sejak beratus-ratus tahun lalu. Kok bisa? Ini karena mereka memiliki penemuan dan inovasi canggih jauh sebelum penemuan modern saat ini. Apa saja ya penemuan canggih bangsa China yang mampu mengubah dunia?

Dunia Berubah Sejak 5 Penemuan Bangsa China Ini! | Breaktime
Kompas China pada jaman dahulu

Pertama adalah kompas. Alat yang dikenal sebagai penunjuk arah ini lahir pada abad 4 SM. Kompas pertama kali dibuat di China dari lodestone atau sejenis magnet alami. Bentuknya adalah sebuah sendok yang diletakkan di atas piringan tembaga. Alat ini dulunya untuk menentukan arah berdasarkan feng shui.

Penemuan yang kedua adalah bubuk mesiu. Ini ditemukan oleh seorang alkemis China kuno. Pada akhir Dinasti Tang, bubuk mesiu digunakan untuk keperluan militer. Dengan ditemukannya bubuk mesiu, China semakin bersemangat untuk membuat senjata yang lebih canggih dari sebelumnya. Bubuk mesiu ini ternyata tidak hanya digunakan untuk keperluan militer saja, tetapi juga untuk kegiatan non-militer.

Bubuk mesiu juga digunakan untuk keperluan akrobat dan pesulap untuk menciptakan efek khusus selama pertunjukan. Nah, sejak saat itu, bubuk mesiu menjadi cikal bakal lahirnya kembang api di China. Bubuk mesiu dan kembang api yang saat ini kita kenal, ternyata ditemukan di dataran China berates-ratus tahun yang lalu.

Dunia Berubah Sejak 5 Penemuan Bangsa China Ini! | Breaktime
Kertas ditemukan oleh seorang pejabat China Kuno

Selanjutnya adalah kertas. Siapa sangka kalau alat yang sangat dibutuhkan hingga saat ini merupakan hasil penemuan orang China. Sekitar tahun 105 SM, ada seorang pejabat bernama Cai Lun yang hidup pada masa Dinasti Han. Ia membuat sebuah lembaran dari serat murbei, jaring ikan yang rusak, kain tua, dan limbah rami. Sejak saat itu, kertas mulai menyebar dan berkembang dengan sangat pesat. Hingga pada akhirnya, terbentuklah jenis-jenis kertas yang kita kenal saat ini, B’timers. Wah, keren ya!

Keempat adalah roket yang bisa dibilang menjadi penemuan paling canggih oleh China. Pada saat pemerintahan Wei pada tahun 228, mereka menggunakan senjata tradisional untuk menyerang pasukan Shu dalam perang yang dilakukan untuk menyelamatkan Jenderal Chenchang.

Ketika pemerintahan berakhir dan berganti menjadi Dinasti Song pada tahun 960 – 1279, tepat setelah ditemukannya bubuk mesiu, senjata roket mulai digunakan. Pada awalnya, roket berupa gulungan kertas yang dimampatkan dan diisi oleh bubuk mesiu, kemudian diikatkan pada anak panah dan disulut oleh api.

Dunia Berubah Sejak 5 Penemuan Bangsa China Ini! | Breaktime
Roket menjadi senjata canggih pertama yang digunakan untuk perang

Sekarang, roket sudah bukan lagi berupa gulungan kertas. Namun berkembang dengan pesat menjadi sebuah kendaraan yang digunakan untuk menembus ruang angkasa. Luar biasa, kan B’timers!

Penemuan canggih masyarakat China kuno yang terakhir adalah alat pendeteksi gempa. Chang Heng membuat sebuah alat yang bisa digunakan untuk memprediksi kapan datangnya gempa. Pada awalnya, mesin ini menggunakan prinsip dan sistem seismograf. Tepatnya mesin ini ditemukan pada 132 SM.

Terbukti, kan kalau China mampu menjadi penemu yang mampu mengubah dunia. Bahkan alat-alat tersebut masih digunakan hingga sekarang. Bagaimana menurut, B’timers? (vpd) 



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE