Duel 2 Kamera, Canon EOS 1-D X Vs Nikon D4s | Breaktime
Duel 2 Kamera Hebat, Canon EOS 1-D X Vs Nikon D4s
17.11.2015

Nampaknya dunia fotografi tidak dapat lepas dari kedigdayaan dua brand terkenal dunia ini, Nikon dan Canon. Walaupun sudah beredar berbagai macam kamera jenis DSLR dari banyak perusahaan lain, seperti Sony, Pentax, Samsung sampai dengan Leica, akan tetapi bagi kebanyakan orang, nama yang mudah dikenal dan menjadi imej dunia fotografi adalah Canon dan Nikon.

Jika B’timers mengamati, sampai detik ini banyak sekali produk dari dua perusahaan tersebut yang telah dirilis dan dipasarkan, baik di pasaran internasional atau juga di Tanah Air. Dari semua produk yang dipasarkan, pastinya Nikon juga Canon memiliki senjata utama. Dari Canon ada Canon EOS 1-D X, sedangkan dari Nikon ada Nikon D4s.

Pada dasarnya, baik Canon EOS 1-D X dan Nikon D4s adalah kamera berjenis full frame terhebat buatan kedua perusahaan itu untuk sekarang ini. Banyak fitur dan kecanggihan yang dimiliki dua kamera yang menurut banyak fotografer adalah kameranya para profesional tersebut. Akan tetapi secara head-to-head, manakah yang lebih unggul?

Fisik

Duel 2 Kamera, Canon EOS 1-D X Vs Nikon D4s | Breaktime
Sayangnya, kedua kamera ini tidak dapat terhubung langsung dengan internet

Jika melihat dari segi fisiknya, Canon EOS 1-D X memiliki body lebih ramping dan ringan dibandingkan Nikon D4s. 1-D X memiliki dimensi sebesar 158 x 164 x 83 mm dengan bobot hanya 1340 gram, sedangkan D4s memiliki ukuran 160 x 157 x 91 mm dengan berat 1350 gram.

Secara umum desain dari keduanya masih mengadopsi dari desain model sebelumnya, yaitu 1-D X masih menggunakan model dari Canon 1Ds Mark III, sedangkan D4s memakai model milik Nikon D4. Akan tetapi untuk dibawa ke mana-mana, B’timers mungkin akan lebih menyukai 1-D X karena lebih tipis dan ringan dibandingkan dengan D4s, bahkan jika kedua kamera sudah tertancap lensa pada ujung moncongnya.

Kedua body kamera ini menggunakan material dari magnesium alloy, weather sealing, 400.000-cycle shutter, yang tahan terhadap debu atau kelembapan. Pada bagian display, keduanya juga dilengkapi dengan layar berukuran 3,2 inci LCD.

Sensor

Duel 2 Kamera, Canon EOS 1-D X Vs Nikon D4s | Breaktime
Karena perbedaan resolusi sensor antara keduanya, maka hasil yang dihasilkan juga berbeda

Sama-sama berjenis full frame, resolusi sensor yang dimiliki 1-D X lebih besar, yaitu 18,1MP CMOS (36 x 24 mm) dengan fitur prosesor Dual Digic 5+, sedangkan yang dipunyai D4s hanya 16,2MP CMOS (36 x 23,9 mm) dengan prosesor Expeed 4.

Kabarnya sih, kenapa D4s tidak memiliki resolusi sensor sebesar 1-D X adalah karena Nikon ingin memaksimalkan kamera tersebut untuk tujuan pengambilan gambar di momen atau tempat yang minim cahaya.

ISO

Duel 2 Kamera, Canon EOS 1-D X Vs Nikon D4s | Breaktime
Pengguna EOS 1-D X tidak perlu khawatir untuk mengambil gambar di tempat minim cahaya, karena besaran ISO-nya cukup membantu

Selain unggul dari sisi resolusi sensornya, EOS 1-D X juga menang dari sisi besaran ISO-nya. Kamera dari Canon ini memiliki ISO sebesar 51,200 yang dapat dipanjang lagi menjadi 204,800, sedangkan D4s 25,600 yang dapat dipanjangnya sampai dengan 409,600.

AF point

Duel 2 Kamera, Canon EOS 1-D X Vs Nikon D4s | Breaktime
Dengan banyaknya titik AF, maka semakin mudah pula untuk mengidentifikasi obyek

Untuk urusan AF point-nya, kembali 1-D X lebih unggul dibandingkan dengan 4Ds. 1-D X dilengkapi dengan 61 AF point dan 41 cross-type, sedangkan 4Ds hanya memiliki 51 AF point dengan 15 cross-type.

Hasil

Duel 2 Kamera, Canon EOS 1-D X Vs Nikon D4s | Breaktime
Walaupun dari fasilitas dan beberapa hal lain 1-D X unggul, akan tetapi pada hasil, 4Ds masih di atas kamera dari Canon itu

Kedua kamera ini memiliki kesamaan dalam hal kecepatan tangkap rana, yaitu sebesar 1/8000 per detik. Namun untuk urusan continous shooting, 1-D X kembali tunjukkan kelasnya, yaitu 14.0 fps, sedangkan D4s hanya 11.0 fps.

Namun dari hasil gambar yang dihasilkan dan didasarkan dari penilaian DXO Mark Scores, D4s jauh ungguli 1-D X. Berikut daftarnya;

Image quality

Canon EOS 1-D X – 82.0

Nikon 4Ds – 89.0

Color Depth

Canon EOS 1-D X – 23.9 bits

Nikon 4Ds – 24.7 bits

Dynamic range

Canon EOS 1-D X – 11.8 EV

Nikon 4Ds – 13.3 EV

Low light performance

Canon EOS 1-D X – 2,786 ISO

Nikon 4Ds – 2,965 ISO

Harga

Duel 2 Kamera, Canon EOS 1-D X Vs Nikon D4s | Breaktime
Harga mahal untuk kedua kamera tersebut sepadan dengan hasil dan kepuasan yang diberikan

Tidak hanya memiliki kesamaan dalam hal kategori, yaitu kamera full frame dan juga beberapa fasilitas atau fitur di dalamnya, kedua kamera ini juga dijual dengan harga yang tidak terpaut jauh, yaitu BO (Body Only) sekitar Rp 60 jutaan di pasaran. Nah, tertarik untuk membelinya, B’timers? (das)

Share This Article