Di Masa Depan, Mabuk Kendaraan Hanya Akan Menjadi Mitos | Breaktime
Di Masa Depan, Mabuk Kendaraan Hanya Akan Menjadi Mitos
08.09.2015

Tahukah Anda, B’timers, bahwa rasa mual dan pusing saat dalam perjalanan alias mabuk kendaraan ternyata bukan disebabkan oleh makanan atau minuman, melainkan oleh gangguan pada pergerakan mata dan juga masalah pada pendengaran.

Menurut para pakar dari  The University of Michigan’s Transportation Research Institute, rasa mual dan pusing tersebut disebabkan oleh ‘tercampurnya’ sinyal yang akan dikirimkan oleh indera penglihatan dan indera pendengaran ke otak.

Banyak cara dilakukan untuk mengatasi mabuk kendaraan seperti itu, mulai dari penggunaan obat-obatan sampai dengan cara-cara tradisional lainnya. Ketika teknologi di dunia ini semakin maju, ternyata ada juga lho, penelitian terkait teknologi yang kabarnya dapat mengatasi mabuk kendaraan.

Sekelompok peneliti di Imperial College London berhasil mengembangkan penggunaan topi EEG dan menghubungannya dengan perangkat listrik yang memakai elektroda khusus yang disebut dengan tDCS atau Transcranial Direct-Current Stimulation.

Seorang peneliti dari Imperial College London mengujicoba peralatan tDCS
Seorang peneliti dari Imperial College London mengujicoba peralatan tDCS

Qadees Arshad, ketua dalam penelitian tersebut menjelaskan bahwa penggunaan elektroda dan listrik kecil berfungsi untuk ‘mematikan’ dan mengatur atau menstabilkan bagian-bagian otak yang bertugas memproses sinyal dari mata dan telinga dalam satu waktu.

Dengan stabilnya sinyal yang diterima dan menonaktifkan sementara bagian dalam otak yang berhubungan dengan mabuk kendaraan, maka Anda tidak akan merasa pusing atau mual meski duduk di atas kursi yang diputar kencang atau menaiki rollercoaster raksasa sekalipun.

Baca juga: SUSAH MENIKMATI PERJALANAN KARENA SERING MABUK? INI TIPSNYA!

Dalam tahap ini, para peneliti masih dalam fase pengembangan dan mereka yakin bahwa sekitar 5 sampai 10 tahun mendatang, penelitian mereka ini akan bisa diwujudkan. Misalnya saja melalui pembuatan aplikasi untuk smartphone.

Tentunya menjadi satu hal yang luar biasa ya B’timers, jika suatu saat nanti mabuk kendaraan bisa diatasi dengan kecanggihan teknologi.

Share This Article