Di Jepang, Koran Bisa Ditanam dan Tumbuh | Breaktime
Di Jepang, Koran Bisa Ditanam dan Tumbuh
08.09.2017

Biasanya kita mengenal Jepang lewat kartun dan animasinya. B’timers pasti tahu serial-serial kartun yang sangat imajinatif seperti Doraemon, Naruto, One Piece. Selain itu, Jepang juga famous dengan budaya dan inovasinya. Ya, orang Jepang memang terkenal suka sesuatu yang sangat unik-unik, mulai dari fashion eksentrik seperti Harajuku style yang colorful, sampai kuliner es krim dengan varian rasa aneh seperti rasa kuda. Eww.

Kalau bicara soal inovasi unik dari Jepang memang tak ada habisnya, termasuk yang akan Breaktime bahas kali ini. Breaktime coba tanya dulu sekarang, apa Anda masih sering menyimpan koran bekas? Nah, sering kali kita memakai koran bekas ini untuk membungkus sesuatu, kan. Tapi kali ini tidak. Karena, di Jepang, koran itu bisa ditanam sampai tumbuh lagi, lho! Gimana ceritanya, nih?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ngeri, 4 Gamers Meregang Nyawa Karena Ini!

Jadi, Jepang telah mencoba melakukan inovasi ekstrem yang sangat canggih. Penemuan ini juga sempurna untuk para pecinta lingkungan yang sangat melestarikan keindahan alam. Sekali lagi Jepang membuktikan prestasinya sebagai negara yang selalu selangkah lebih maju. Inovasi ini memang sudah ditemukan dan diberlakukan selama beberapa tahun belakangan.

Di Jepang, Koran Bisa Ditanam dan Tumbuh | Breaktime
Koran bekas yang bisa ditanam dan tumbuh jadi bunga (cr. lifegate.com)

Jepang menciptakan koran yang terbuat dari kertas daur ulang dan sayur. Jadi, kalau Anda sudah selesai membacanya, koran ini bisa Anda tanam di kebun Anda. Nah, ramah lingkungan banget, kan. Koran ini sendiri disebut dengan “Green Newspaper” atau “Koran Hijau” dan yang menemukannya adalah penerbit harian Jepang yang terkenal, The Mainichi Shimbunsha.

Kertas yang bisa ditanam ini sebenarnya bukan produk baru, kok. Seperti yang dibilang tadi, koran tersebut sudah dijual di pasaran selama beberapa tahun ini. Lebih detailnya, campuran bahan untuk koran ini adalah air, bunga-bungaan kecil atau biji tanaman obat yang juga bisa dibuat sendiri di rumah oleh masyarakat Jepang. Nah, jika sudah jadi koran bekas, cara kreatif untuk memakainya yaitu dengan menanamnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Menguak Sarahah Yang Menggemparkan Dunia Maya

Seperti ini langkah-langkahnya, jadi pertama, yang jelas si pembaca harus ingat-ingat untuk tidak langsung membuang koran tersebut. Koran dirobek jadi potongan-potongan kecil lebih dulu, lalu kita bisa menanamnya dan menyiraminya. Nah, dalam beberapa minggu Anda akan memiliki tanaman dan bunga yang cantik, tumbuh dari koran yang ditanam tadi. Ajaib, kan.

Di balik koran yang ramah lingkungan ini, ada penggagas ide besar tersebut. Dentsu Inc, salah satu agensi periklanan terbesar di Jepang, bekerja sama dengan The Mainichi perusahaan penerbit koran. Koran hijau ini sendiri bukanlah ide inovasi pertama oleh penerbit tersebut. Komitmen perusahaan tersebut terhadap perlindungan lingkungan sudah sangat terkenal di Jepang.

Di Jepang, Koran Bisa Ditanam dan Tumbuh | Breaktime
Ramah lingkungan, koran ini laris manis di pasaran (cr. lifegate.com)

Sebelumnya, penerbit ini juga sudah pernah membuat kampanye periklanan untuk menyumbangkan air kepada populasi yang kekurangan air dan menderita kehausan. The Mainichi tidak hanya take action lewat informasi yang diberikan di dalam koran, tapi juga dengan turut mengatasi masalah global yang terjadi. Nah, soal produknya tadi, koran ramah lingkungan, itu juga meraih sukses besar.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Terobosan Nokia Melahirkan Hp Android Terbaru

Koran hijau ini diterbitkan lebih dari empat juta kopi yang beredar setiap hari di Jepang. Untuk ini, pendapatan yang diperoleh adalah sekitar delapan juta yen atau setara lebih dari $ 700.000, atau sekitar Rp 9,3 milyar, wow. Inisiatif ini juga melibatkan sekolah, jadi tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran anak terhadap masalah lingkungan serta mengajarkan pentingnya daur ulang.

Karena, untuk mengurangi emisi CO2 atau karbondioksida yang dihasilkan oleh sistem pembuangan limbah, kita harus mendaur ulang material yang menjadi bahan limbah, terutama kertas. Sudah inovatif, juga edukatif sekali, ya. Ide kreatif ini bagus juga kalau diterapkan di Indonesia, ya, B’timers. (md)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE