Cara Mudah Mengecilkan Ukuran File Video | Breaktime
Cara Mudah Mengecilkan Ukuran File Video
17.01.2017

Perkembangan dunia Internet saat ini memang sangat pesat sekali. Seperti yang sudah Anda ketahui, saat ini orang jarang sekali menonton film di televisi dan lebih memilih untuk melakukuka streaming yang lebih praktis. Streaming video memang sangat mudah karena Anda bisa melakukannya dimana saja asalkan memiliki koneksi internet. Tidak hanya itu saja terkadang orang juga menyimpan video atau film tersebut di dalam komputer ataupun ponselnya.

Aktifitas ini apabila dilakukan secara terlalu sering tentu akan membuat media penyimpanan cepat penuh. Anda tentu juga sudah mengetahuinya bahwa file video memang memiliki ukurang yang lebih besar daripada file yang lainnya. Memang tidak baik apabila media penyimpanan habis hanya karena ukuran video, baik itu smartphone ataupun komputer. Lalu apakah Anda sadar bahwa ternyata ada Cara Mengecilkan file Video? Dengan adanya hal ini tentu akan sangat membantu Anda.

Cara Mudah Mengecilkan Ukuran File Video | Breaktime
Tampilan menu pada software Handbrake

File video yang terlalu besar juga akan sangat mengganggu apabila Anda seorang yang sering melakukan aktifitas upload video baik itu di youtube maupun yang lainnya. Karena, file video yang terlalu besar selain membutuhkan waktu yang lebih lama saat menguploadnya video yang terlalu besar juga akan menyedot kuota internet Anda lebih banyak.

Mungkin karena masalah itulah akhirnya muncul inovasi untuk mengecilkan ukuran video. Ada banyak sekali Cara Mengecilkan file Video yang bisa Anda lakukan. Mulai dari cara yang paling rumit sampai dengan cara yang paling mudah.

Mengecilkan File Video Di PC Atau Komputer

Untuk mengecilkan video di PC Anda membutuhkan suatu aplikasi atau software tambahan. Software tersebut bernama Handbrake. Kelebihan dari software ini adalah kemampuan mengecilkan ukuran file video tanpa mengurangi sedikitpun kualitas dari video yang sudah dikecilkan ukurannya.

  1. Tentu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload software tersebut. Anda bisa mendownload Software tersebut melalui situs resminya di https://handbrake.fr/
  2. Setelah proses download aplikasi Handbrake selesai, install aplikasi tersebut dan tunggu sampai selesai kemudian Buka aplikasi Handbrake yang sudah terinstall pada pc atau laptop Anda
  3.  Klik Source Kemudian pilih “File” lalu akan muncul kotak dialog untuk memilih video, cari dan pilih video yang akan Anda dikecilkan lalu Klik “Open”
  4. Pada kolom Destination, ketikkan nama output kemudian klik Browse untuk memilih Direktori penyimpanan dari hasil video yang akan Anda kecilkan atau biasa disebut sebagai output video.
  5.  Klik START, kemudian tunggu sampai selesai proses encoder videonya
  6. Setelah selesai maka akan muncul tulisan Queue Finished, kemudian Anda bisa langsung mencari file dari hasil video yang Anda kecilkan tadi pada folder yang sudah Anda buat sebelumnya

Itulah Cara Mengecilkan file Video di PC atau laptop yang paling efektif dengan menggunakan software Handbrake.  Sepertinya software ini adalah software yang paling efektif untuk mengecilkan video. Karena, video yang mula-mula memiliki ukuran 573 MB apabila dikecilkan menggunakan software ini ukurannya bisa berubah drastis menjadi hanya 193 MB saja. Dengan ukuran video yang berubah cukup besar Anda pasti meragukan kualitas dari videonya. Anda tidak perlu menghawatirkan hal itu. Karena, walau ukuran video sudah berubah cukup banyak kualitas dari videonya tidak akan mengalami penurunan sama sekali. Dan karena itu juga lah software ini pantas disebut sebagai software pengecil video terbaik.(dsa)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE