Cara Mudah & Benar Membersihkan Lensa Kamera | Breaktime
Cara Mudah & Benar Membersihkan Lensa Kamera
19.10.2016

Lensa adalah bagian penting dari sebuah kamera. Lensa juga disebut sebagai mata kamera yang menangkap kejelasan, warna, dan detail gambar. Oleh karena itu, jika Anda memiliki sebuah kamera maka rajin-rajinlah untuk membersihkan kamera dan lensanya untuk mendapatkan gambar yang selalu keren. Berikut ini beberapa tips membersihkan lensa kamera dengan baik dan benar.

Cairan pembersih lensa

Di toko-toko kamera banyak dijual cairan pembersih. Cairan ini berfungsi untuk mengangkat sidik jari yang menempel pada lensa dan kotoran lain tanpa meninggalkan garis pada lensa atau filter.

Gunakan sikat blower

Selain menggunakan cairan pembersih, Anda juga bisa menggunakan sikat blower untuk membersihkan debu pada lensa Anda. Alat ini sangat efektif untuk menghilangkan debu pada sudut-sudut yang susah dijangkau.

Baca juga : WAH, INI DIA CARA MERAWAT SMARTPHONE AGAR AWET!

Kain microfiber

Anda juga bisa gunakan kain microfiber. Kain ini memang didesain khusus untuk mengambil debu dan minyak yang ada pada lensa kamera. Anda juga harus mencuci kain ini secara rutin atau membeli kain baru.

Bersihkan secara menyeluruh

Jangan hanya membersihkan lensa kamera Anda saja. Bersihkan juga bagian lain dari kamera untuk menghilangkan debu agar kamera tetap bagus dan berfungsi dengan baik.

Cara Mudah & Benar Membersihkan Lensa Kamera | Breaktime
Bisa juga bersihkan lensa kamera dengan kuas, nih!

Bersihkan secara perlahan

Untuk membersihkan lensa kamera jangan menekannya terlalu keras atau menggosoknya dengan sangat kencang. Hal ini bisa membuat lensa tergores dan semakin tidak bisa dibersihkan. Bersihkan secara perlahan-lahan dan penuh kesabaran.

Dengan beberapa tips di atas, lensa kamera Anda akan kembali bersih dan kinclong seperti saat Anda baru membelinya. Jangan lupa untuk rajin-rajin merawat dan membersihkan lensa kamera Anda. (vpd)

Share This Article