Cara Merawat Laptop Agar Awet Tak Mudah Rusak | Breaktime
Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tak Mudah Rusak
05.11.2016

Sama seperti ponsel, saat ini kita memang tak mungkin hidup tanpa laptop maupun komputer, B’timers. Tidak sedikit orang yang pekerjaannya menuntut mereka untuk aktif menggunakan laptop hingga 24 jam penuh. Dan tentu tidak ada seorangpun yang ingin mengalami kerusakan laptop, kan? Well, risiko laptop yang rusak tentu sangat dipengaruhi  cara Anda merawatnya. Nah, berikut ini cara merawat laptop agar awet dan tak mudah rusak, B’timers!

Cara Merawat Laptop Agar Awet Tak Mudah Rusak | Breaktime
Jangan mengoperasikan laptop hingga baterainya 0%, ya?

Hindari mengoperasikan hingga baterai 0%

Jika Anda terus menerus menggunakan laptop sampai baterai benar-benar kosong, alias 0%, maka bisa memperpendek usia baterai, lho. Jadi sebaiknya ketika Anda menggunakan laptop lalu baterai hampir 0%,  secepatnya pasang charger dan biarkan sampai baterai mengisi 100%.

Atur tingkat kecerahan pada monitor laptop

Sebaiknya gunakan kecerahan pada monitor sesuai dengan keperluan yang Anda butuhkan, B’timers. Ini untuk meminimalisir penggunaan daya yang terlalu berlebihan. Karena semakin terang cahaya laptop Anda, maka akan semakin banyak daya baterai yang dibutuhkan oleh laptop.

Baca juga : INTIP PERKEMBANGAN TREN LAYANAN STREAMING DI INDONESIA

Selalu operasikan laptop di atas bidang datar

Kebiasaan buruk yang membuat usia laptop pendek adalah mengoperasikannya di bidang yang tak rata, B’timers. Nah, salah satu cara merawat laptop agar tetap awet adalah dengan menghindari hal satu ini. Dan sebaiknya operasikan laptop di atas alas yang kokoh, seperti kaca atau kayu.

Cara Merawat Laptop Agar Awet Tak Mudah Rusak | Breaktime
Sama seperti komputer, laptop juga harus bersih dari debu

Rutin dalam membersihkan debu pada laptop

Sama seperti CPU komputer yang rentan terhadap serangan debu. Laptop pun demikian, B’timers. Jadi usahakan untuk rutin membersihkan debu atau kotoran yang hinggap pada permukaan laptop. Apabila debu menumpuk di bagian saluran pembuangan udara, laptop bisa cepat rusak.

Tempatkan baterai ketika mengoperasikannya

Jangan khawatir untuk tetap mengoperasikan laptop landing dengan charger yang terpasang pada stop kontak. Hal ini jauh lebih baik daripada Anda mengoperasikan laptop tanpa baterai, B’timers. Hal seperti ini untuk meminimalisir kerusakan pada komponen laptop saat terjadi mati listrik.

Nah, jika sudah tahu cara merawat laptop agar tetap awet, kan, B’timers? Jangan malas merawatnya, ya? (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE