Cara Mengecilkan Foto di Photoshop Yang Efektif | Breaktime
Cara Mengecilkan Foto di Photoshop Yang Efektif
16.01.2017

B’Timers, bagi Anda yang bekerja di bidang digital advertising tentu bergulat dengan aplikasi Photoshop telah menjadi makanan Anda sehari-hari. Atau mungkin Anda merupakan seorang blogger yang selalu menyertakan foto-foto di dalam halaman blog pribadi Anda. Terutama dalam halaman blog, tidak jarang Anda akan diminta untuk mengecilkan ukuran foto agar muat dengan sempurna di halaman blog. Tergantung dari resolusi awal foto, semakin besar foto yang akan diperkecil, maka hasil resize dari gambar tersebut akan mengalami penurunan kualitas. Gambar menjadi blur, dan tentu hal tersebut sangat disayangkan. Nah, kira-kira adakah cara mengecilkan foto di Photoshop tanpa mempengaruhi kualitas foto?

Dan ternyata, bisa! Cara mengecilkan foto di Photoshop ternyata sangat mudah lho, B’Timers. Yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimalkan fungsi fitur resize yang terdapat pada aplikasi pengedit foto ini. Langkah-langkah ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan Adobe Photoshop versi manapun. Yuk, intip step by step di bawah ini!

Cara Mengecilkan Foto di Photoshop Yang Efektif | Breaktime
Pilih opsi Bicubic Sharper sebelum menekan OK

Pertama-tama, buka file gambar yang akan Anda ubah ukurannya pada aplikasi Photoshop dengan memilih pilihan file “Open”, begitu tampilan pop-up muncul, pilihlah file gambar yang Anda inginkan dari folder file gambar tersebut berada.

Selanjutnya pilih toolbar Image, dan pilih Image Size dari pilihan drop down menu. Dari pilihan tersebut akan muncul jendela kecil yang menampilkan kolom dimensi pixel dan ukuran dari dokumen. Pada kolom lebar dan tinggi pada bagian pixel dimension masukkan angka ukuran gambar yang Anda inginkan. Eits, sebelum Anda menekan tombol OK, berikan tanda centang pada pilihan Resample Image yang berada di dasar jendela. Setelah kotak pilihan tersebut Anda berikan tanda centang, maka Anda dapat memilih beberapa pilihan kualitas gambar yang ada pada drop down menu. Jika Anda ingin mengecilkan gambar, maka pilihan Bicubic Sharper adalah pilihan yang tepat. Tekan OK dan gambar Anda akan berubah ukuran. 

Baca juga : RAHASIA TRIK FOTOGRAFI UNIK TANPA PHOTOSHOP

Gambar yang dihasilkan dari tutorial di atas tentu saja terlihat sedikit kabur yang disebabkan oleh penurunan kualitas resolusi, dan tidak ada yang dapat Anda lakukan mengenai itu. Akan tetapi, kualitas gambar yang Anda dapatkan akan tetap terlihat lebih tajam dibandingkan jika Anda tidak memanfaatkan fasilitas Bicubic Sharper.

Sedangkan apabila Anda memiliki sejumlah gambar yang ingin Anda ubah ukurannya, dan apabila menggunakan cara di atas memakan banyak waktu, Anda dapat mengubah setting dari pengubahan ukuran gambar dengan Bicubic menjadi pilihan defaultnya. Yaitu dengan cara menekan tombol Preferences>General. Pilih opsi Image Interpolation dan ambil Bicubic Sharper dari drop down menu. Selanjutnya klik OK untuk menyimpan pengaturan tersebut. 

Cara Mengecilkan Foto di Photoshop Yang Efektif | Breaktime
Jadikan Bicubic Sharper sebagai default, ya!

Nah, setelah Anda mengetahui tips mengecilkan foto dengan menggunakan Photoshop, berikut adalah tips-tips yang perlu Anda perhatikan agar kualitas foto yang telah Anda ubah menjadi lebih baik. Yaitu, sebelum Anda mengedit ukuran foto, pastikan bahwa pengaturan gambar dari foto Anda berada pada RGB color mode. Apabila foto Anda tidak berada pada mode tersebut, Anda dapat mengubahnya pada mode RGB dengan menekan opsi Image > Mode > RGB. Setelah Anda selesai mengedit foto, Anda dapat mengembalikannya kembali ke setting awal dengan cara yang sama.

Selain itu, usahakan Anda hanya mengubah ukuran foto sekali saja. Hal tersebut dikarenakan semakin banyak Anda mengubah ukuran dari file foto tersebut, maka kualitas dari foto tersebut pun akan menurun.

Demikian cara mengecilkan foto di Photoshop. Semoga membantu Anda, B’Timers! (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE