Cara Mengatasi BBM Pending yang Ampuh! | Breaktime
Cara Mengatasi BBM Pending yang Ampuh!
01.10.2016

BBM adalah sebuah aplikasi messenger yang dulunya dikhususkan untuk pengguna smartphone Blackberry. Namun, kini setelah melejitnya popularitas Android dan iOS, aplikasi ini pun kini tersedia di ponsel Android dan iOS. Tentu saja fungsi BBM pada Blackberry dan Android memiliki perbedaan. Jika pada Blackberry, aplikasi ini merupakan aplikasi resmi dan menggunakan server dari Blackberry, sedangkan BBM untuk Android hanya menggunakan komunikasi data biasa tanpa menggunakan BIS (Blackberry Internet Service). Inilah yang menyebabkan BBM pada Android sering mengalami masalah jaringan. Lalu, bagaimana cara mengatasi BBM pending? Mudah saja, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Baca juga : MANA YANG LEBIH OKE GOOGLE ALLO, IMESSAGE, ATAU FACEBOOK?

  1. Pertama, buka menu pengaturan jaringan ponsel Android yaitu klik Setting > Wireless & Network > Mobile Network.
  2. Lalu geser ke bagian bawah dan pilih menu APN (Access Point Name). Setelah itu, akan muncul daftar setting APN sesuai dengan operator yang Anda gunakan.
  3. Selanjutnya, pilih APN yang aktif digunakan lalu edit dan hapus Proxy serta Port yang ada.
  4. Setelah selesai semua, simpan pengaturan yang telah Anda lakukan dan kembali ke homescreen.
  5. Anda bisa membuka menu BBM dan coba lakukan pengiriman pesan pada salah satu teman.
  6. Kini tidak akan ada masalah jaringan dengan cara mengatasi BBM pending ini.
Cara Mengatasi BBM Pending yang Ampuh! | Breaktime
Cara ampuh atasi masalah jaringan pada BBM untuk Android

Cara mengatasi BBM pending di atas termasuk dalam salah satu cara yang paling mudah untuk mengatasi BBM di Android yang selalu pending. Penyebab lain dari BBM pending adalah koneksi pada provider yang Anda gunakan tidak stabil. Justru ketika Anda menggunakan koneksi WiFi, BBM Anda baik-baik saja. Tidak ada salahnya Anda mencoba cara mengatasi BBM yang pending dengan langkah-langkah di atas. Selamat Mencoba! (vpd)

Share This Article