Ini Dia Kisah Dibalik “The G” Dalam Generasi Nirkabel | Breaktime
B’timers, Ini Dia Kisah Dibalik “The G” Dalam Generasi Nirkabel
05.10.2015

B'timers pengguna smartphone? Pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah 3G atau 4G. Tahukah Anda bahwa ternyata masih banyak “G” lain yang pernah menjadi bagian dari sejarah wireless network? Yuk, simak informasi lengkapnya di sini:

1. 1G

Generasi pertama telpon seluler masih menggunakan sistem analog
Generasi pertama telpon seluler masih menggunakan sistem analog

1G atau disebut juga dengan First Generation atau Generation one ini adalah generasi pertama dari telekomunikasi tanpa kabel. Jaringan 1G pertama kali digunakan pada tahun 1980 di mana campur tangan manusia dalam komunikasi media telepon sudah semakin sedikit dan semuanya serba otomatis. Dari sinilah awal mula perkembangan teknologi nirkabel berkembang.

2. 2G

Generasi ke dua mulai mengenal 2 saluran telpon
Generasi ke dua mulai mengenal 2 saluran telpon

Second Generation atau generasi kedua ini sudah mengalami banyak perkembangan dari generasi sebelumnya. Telepon seluler sudah semakin berkembang di generasi ini. Selain itu, sudah beredar saluran GSM dan CDMA di generasi ke dua. Kecepatan transfer datanya juga semakin bertambah sehingga suara telepon dari generasi ke dua semakin jernih

3. 3G

Akses internet di generasi ketiga mulai diperkenalkan
Akses internet di generasi ketiga mulai diperkenalkan

UMTS atau disebut juga dengan Universal Mobile Telecommunication Service ini adalah perkembangan dari generasi dua menuju tiga. Generasi ke tiga mengenalkan GPRS sebagai fasilitas akses HP menuju Cloud. Belum lama 3G berkembang dirilislah 3.5G yang merupakan perkembangan dari 3G. Fitur terbaru dari 3.5G adalah HSPDA atau disebut juga dengan High Speed Downlink Packet Access di mana fitur kecepatan data 10 kali lebih cepat dibandingkan 3G.

4. 4G

Transfer data semakin cepat dan menghemat penggunaan kabel jaringan
Transfer data semakin cepat dan menghemat penggunaan kabel jaringan

Generasi ke empat adalah generasi tercepat dan termutakhir saat ini. Kecepatan datanya bisa melampaui generasi ke tiga dengan perbandingan kecepatan data sebesar 500 kali lipatnya. Selain meng-upgrade sistem transfer datanya, 4G juga mengatasi permasalahan pembagian IP. Dalam waktu dekat, handset dengan sistem data 4G akan mendapatkan IP basis v6.

Dari generasi ke generasi semakin cepat perkembangan sistem komunikasi. Dan rencananya masih ada generasi ke lima yang akan membuat dunia terbebas dari kabel fiber dan sepenuhnya akan menggunakan sinyal sebagai sistem komunikasi.

Share This Article