Browsing di Chrome Lelet? Atasi dengan Tips Ini! | Breaktime
Browsing di Chrome Lelet? Atasi dengan 5 Tips Ini!
16.02.2016

B'timers pecinta gadget? Pasti Anda tidak pernah lepas dari aplikasi chat atau browsing, bukan? Ya, kini fitur gadget semakin maju dan design-nya yang semakin simple begitu banyak diminati orang. Selain bisa menunjang penampilan, gadget juga bisa membantu meringankan pekerjaan Anda.

Salah satu alasan mengapa smartphone bisa meringankan pekerjaan adalah pencarian yang sangat mudah. Ya, dengan menggunakan browser Anda bisa dengan mudah mencari apapun yang dibutuhkan. Namun tidak semua browser bisa optimal dalam performanya. Salah satunya adalah Google Chrome.

Tapi, jangan khawatir, kali ini Breaktime akan memberikan solusi agar browser Chrome bisa berjalan cepat. Berikut tipsnya :

Browsing di Chrome Lelet? Atasi dengan Tips Ini! | Breaktime
Cukup mudah untuk melakukan tune up pada browser chrome ini

1. Update chrome

Mungkin tidak semua versi dari browser Chrome menampilkan laporan untuk update. Dan terkadang justru chrome melakukan update ketika kita melakukan browsing. Untuk menghindari hal tersebut sebenarnya cukup mudah, cukup lakukan update Chrome sebelum memulai browsing.

2  Hilangkan ekstensi yang tidak digunakan

Ektensi atau extensions, atau juga disebut dengan gadget tambahan pada side bar di browser adalah salah satu software yang bisa membuat chrome menjadi lelet. Sebenarnya, ekstensi pada browser bisa membantu Anda mempersingkat waktu pencarian. Hanya saja, apabila terlalu banyak justru akan membuat browser menjadi lelet. Oleh karena itu, hilangkan beberapa ekstensi agar Chrome tidak lelet.

3. Hilangkan plugins yang tidak difungsikan

Plugins pada browser bisa berbentuk pemutar audio otomatis seperti flash, atau reader pdf seperti nitro. Berbeda dengan ekstensi, plugins bekerja langsung dari kendali browser, bukan diaktifkan terlebih dahulu. Tapi, Anda tetap bisa menonaktifkan dengan menuliskan chrome://plugins lalu enter. Pilih salah satu plugins yang tidak dibutuhkan lalu disable.

4. Perlembut scroll

Yang membuat chrome mungkin sedikit lebih lelet dibandingkan browser lainnya adalah scroll lembut dari default setting. Anda bisa menonaktifkannya di menu flags dengan cara ketik chrome://flags lalu temukan bar bertuliskan Enable fast tab/windows close tekan enable dan relaunch browser chrome Anda.

5. Cek spyware atau junk

Spyware seperti keyword atau ekstensi yang ada di PC juga bisa membuat browser berjalan lambat. Dan yang parahnya lagi, Anda tidak bisa mengetahui apakah laptop Anda terserang spyware atau tidak. Untuk mencegahnya, Anda bisa menginstal antivirus di PC Anda lalu lakukan scanning dan fixing.

Cukup mudah, bukan? Jangan khawatir gadget Anda akan mengalami kerusakan atau browser Anda crash ketika hendak melakukan browsing. Karena langkah-langkah ini sudah pernah dicoba dan terbukti bisa membuat browser lebih ringan. (wsu)

Share This Article