Bocoran Manisnya Fitur Android Oreo | Breaktime
Bocoran Manisnya Fitur Android Oreo
25.08.2017

Beberapa hari yang lalu Google telah resmi meluncurkan OS Android 9.0 terbaru. Berbagai spekulasi sebelumnya simpang siur mengenai nama jajanan apakah yang akan digunakan Google kali ini. Sejak versi yang pertama muncul pada tahun 2009, Google nampaknya memiliki “obsesi” untuk menamai berbagai seri Androidnya dengan nama-nama kudapan manis. 2 edisi terbaru 6.0 Marshamallow dan 7.0 Nougat memang baru dirilis beberapa tahun belakang, namun beberapa nama telah seliweran di Internet sebagai kandidat nama andalan Android OS tahun ini.

Ialah Oreo, sebuah brand biskuit sandwich kenamaan produksi Nabisco yang akhirnya dipilih. Peluncuran yang bertepatan dengan peristiwa gerhana matahari di Amerika Serikat tersebut melegakan bagi hampir semua penikmat Google dan Android di dunia. Tentunya siapa sih yang ingin kerepotan menyebutkan Android Ozark pudding, Android Ontbjtkoek, maupun Android Ox-tongue pastry?

Enough talking about foods ya, B’timers! Mari kita intip, apa saja sih hal-hal baru dan berbagai perkembangan yang dilakukan Google dalam Android 8.0 Oreo kali ini? Seperti yang dijanjikan dalam acara Google I/O, Android Oreo mengusung pembaharuan fitur daripada sekedar perombakan penampilan. Meski tak sepenuhnya membongkar fitur lama Android secara besar-besaran, ada berbagai fitur kecil terbaru yang tak kalah bermanfaat dalam Android Oreo.

Salah satu kekurangan smartphone yang terkenal menjengkelkan ialah baterai yang cepat habis. Jangan khawatir ya, B’timers! Android Oreo kali ini mengkiuti jejak Doze dalam beberapa seri Android terakhir lalu memperkenalkan fitur batasan aplikasi yang bekerja di latar belakang. Seluruh aplikasi ponsel Anda yang compatible dengan fitur ini akan tetap bekerja namun tanpa banyak menguras daya dengan broadcast maupun location update.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Benarkah Situs Pencari Kiddle Aman untuk Anak?

Selanjutnya, Google berupaya memanjakan pengguna Android dengan memberikan fitur notification badges seperti yang sudah lama ditampilkan di iPhone. Nantinya, Anda juga mampu mengelola notifikasi berdasarkan manakah yang Anda prioritaskan untuk diketahui. Hanya saja, Anda akan tergantung pada pihak developer untuk memungkinkan kedua fungsi tersebut agar dapat hadir pada seluruh aplikasi yang Anda miliki. Tak hanya itu, Anda juga bisa lho melakukan snooze notifications selama beberapa saat hingga Anda siap membukanya.

Bocoran Manisnya Fitur Android Oreo | Breaktime
Picture-in-picture everywhere

Aplikasi YouTube untuk Android telah mampu menampilkan jendela video selama beberapa saat. Kali ini, Android Oreo memungkinkan Anda untuk melakukan hal tersebut dalam setiap aplikasi sebagai latar belakang. Caranya mudah saja lho, B’timers! Tampilkan video dalam bentuk full screen lalu tekan tombol Home. Voila! Anda akan mendapatkan jendela PIP alias picture-in-picture.

Android Oreo juga akan memberikan performa Wi-Fi yang maksimal dalam smartphone Anda. Selain bergabung dengan jaringan Wi-FI terbuka, Oreo juga akan secara otomatis mengatur VPN dengan Google untuk mengatur keamanan data Anda saat berselancar di dunia maya. Selain benyak berguna bagi penggila Internet, Anda juga bisa mematikan fitur tersebut sewaktu-waktu, misalnya ketika Anda khawatir bahwa seseorang akan mengintip browser history Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kejutan Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S2

Dari segi proteksi, Google Play memberikan fitur terbaru berupa Google Play Protect melalui Setting, Google, lalu tekan Security. Fitur ini akan membantu Anda meninjau aplikasi yang telah Anda miliki maupun yang baru Anda install dan mendeteksi keberadaan malware, serta mengirimkan notifikasi kepada Anda apabila terdapat aplikasi mencurigakan.

Bocoran Manisnya Fitur Android Oreo | Breaktime
tampilan android oreo

Sakah satu fitur utama iPhone 7 kembali ditampilkan Android, yakni penggunaan deep colour yang memungkinkan tiap aplikasi untuk menampilkan warna yang jauh lebih jernih dengan gradasi yang halus, sehingga image akan nampak seperti aslinya. Meski akan tergantung pada performa ponsel yang menunjang Android Oreo, fitur ini merupakan sebuah terobosan Google menuju HDR compatibility yang ditampilkan sejak dari OS, tak melulu dari gawai canggih.

B’timers sering bekerja lewat smartphone namun kesulitan untuk mengedit dokumen? Kini Android Oreo akan memberikan Anda kemudahan dalam melakukan selection terhadap teks.Tekan dan tahan bagian tertentu dalam teks, lalu Android akan melakukan highlight secara menyeluruh. Tak hanya itu, Anda juga akan sangat banyak dibantu dengan adanya context-sensitive shortcut yang akan memudahkan navigasi Anda di layar gawai, misalnya ketika Anda melakukan selection terhadap teks alamat Anda akan langsung diarahkan ke Google Maps.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Siap-Siap Kepincut Ponsel Xiaomi Harga 2 Jutaan

Tambahan unik lainnya dalam Android Oreo ialah kemudahan untuk menghapus cache dari berbagai background application dalam gawai. Di versi terbarunya ini, Android akan membantu Anda untuk menghapus cache pada aplikasi yang telah penuh dan memenuhi kuota memori terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan serangkaian emoji terbaru serta beberapa emoji lama yang dibuat lebih natural. (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE