Berubah! Ini Wujud Smartphone dari Masa ke Masa | Breaktime
Berubah! Ini Wujud Smartphone dari Masa ke Masa
03.12.2017

Di masa sekarang siapa yang tidak punya smartphone? Pasti hampir setiap orang punya perangkat mobile ini. Bukan hanya untuk gaya-gayaan, tapi smartphone kini sudah menjadi kebutuhan. Terutama kita menggunakannya untuk berkomunikasi. Namun, B’timers perlu tahu, nih, kalau ponsel membutuhkan waktu yang lama untuk berkembang sampai jadi sepintar sekarang ini.

Kabarnya, konsep pertama smartphone sudah ada sejak pertengahan 1970-an. Tapi, 20 tahun kemudian baru terwujud, lewat peluncuran Simon Personal Communicator dari IBM pada 1992. Perangkat ini dapat mengirim dan menerima email dan faks. Juga punya layar sentuh monokrom, sebuah stylus dan charging base station.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Menyemai Benih ala Bercocok Tanam Hidroponik

Ponsel ini dijual dengan harga US $ 1.099 atau sekitar Rp 14,8 jutaan. Meski terjual 50 ribu unit IBM Simon, tapi pada pertengahan 1990-an, perusahaan dilanda krisis hingga penjualan IBM Simon generasi kedua ditentang.

Pada 1996 muncul Nokia 9000 Communicator yang tebalnya 1,5 inci dan berat 397 gram. Keyboard-nya qwerty dan bisa untuk mengirim faks, browsing internet, memroses kata sampai lembar kerja. Setahun kemudian pada 1997 Ericsson merilis GS88 atau disebut Penelope dengan layar sentuh dan stylus. Dari sinilah produsen mulai banyak memproduksi PDA yang fungsinya untuk telepon seluler.

Berubah! Ini Wujud Smartphone dari Masa ke Masa | Breaktime
IBM Simon Personal Communicator (cr. Liputan6)

Kala itu smartphone pun beralih dari enterprise ke consumer. Hadir sistem operasi seperti Blackberry, Symbian, Plam OS hingga Windows Mobile. Semuanya bisa berkirim email dan terhubung dengan internet. Pada tahun 2000-an, antara 2004 sampai 2007, pengguna smartphone bertambah banyak.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Wajah Baru Nokia Steel Edisi Terbatas

Ini membuat perangkat seperti Blackberry 8700 dan Charm series, Samsung BlackJack, Motorola Q semakin populer dan banyak digunakan kala itu. Software semakin ramah pengguna, aplikasi pihak ketiga juga mulai disukai. Berikutnya, kita pun mengalami gebrakan dari iPhone, yang pertama kali diperkenalkan pada 2007.

Kala itu, Steve Jobs dan Steve Wozniak mengeluarkan ide untuk menggabungkan fungsi multimedia, email dan browsing dalam satu ponsel pintar. iPhone pun menggebrak dengan modelnya yang cuma ada satu tombol di layar, yaitu tombol Home. Apple turut memperkenalkan OS, iOS, walau sederhana namun lebih modern.

Berubah! Ini Wujud Smartphone dari Masa ke Masa | Breaktime
Blackberry 8300 yang masih jadul (cr. Liputan6)

Setelah peluncuran iPhone, menyusul deretan ponsel Windows Mobile seperti HTC Touch dan Touch Pro. Blackberry pun meluncurkan Curve 8300 series. Nah, setahun setelah kehadiran iPhone dari Apple, Google si raksasa teknologi menjawab tantangan dengan meluncurkan OS mobile-nya yakni Android.

Kala itu HTC berkolaborasi dengan T-mobile untuk menciptakan Android pertama, G1 dan dikenal dengan Dream. Setelah itu, makin kencang persaingan antara iOS, Android dan Windows Mobile. Hadir iPhone 3Gs dengan iOS, HTC Touch Pro 2 HD 2m Samsung Omnia II dengan OS Windows Mobile.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Stop Lakukan Ini Saat Bermain Smartphone!

Android sendiri juga bersaing dengan smartphone seperti HTC Hero, Motorola Cliq, Droid dan Samsung Galaxy, yang diluncurkan awal-awal pada 2009. Ada juga OS lain seperti Garnet OS, webOS dan Palm OS.

Namun, pada 2012, Symbian dan OS lain mulai tertinggal. Yang  tinggal berkuasa adalah dua OS raksasa yaitu iOS dan Android dengan layar sentuh. Seperti yang bisa dilihat kini, rata-rata smartphone yang ada di pasaran memiliki desain dan spesifikasi yang mirip-mirip.

Berubah! Ini Wujud Smartphone dari Masa ke Masa | Breaktime
Samsung Galaxy S7 Edge & Samsung Galaxy S7 (cr. Liputan6)

Kini, smartphone punya resolusi layar yang jauh lebih baik, kamera lebih mumpuni, ruang penyimpanan meningkat, lalu kemampuan memproses yang mirip konsol game atau PC. Fitur lain seperti speaker, baterai juga meningkat tajam. Bahkan, hadir aksesori seperti perangkat wearable, sebut saja smartwatch, fit band dan lainnya yang terkoneksi dengan smartphone.

Kalau teknologi terus berkembang, coba bayangkan canggihnya smartphone di masa mendatang, B’timers!



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE