Bersihkan Earphones, Jika Tidak Ini Akibatnya! | Breaktime
Bersihkan Earphones, Jika Tidak Ini Akibatnya!
01.10.2017

FUN FACT QUESTION

Jawaban Kamu Benar

earphones bisa membuat bakteri bersarang di telinga



Earphones adalah teknologi yang mempermudah kaum milenial dalam mendengarkan musik yang mereka sukai. Bahkan earphones juga bisa berfungsi untuk telepon. Apapun dan bagaimanapun cara kerja earphones, yang jelas harus Anda ketahui bahwa teknologi ini ternyata harus rutin dibersihkan. B’timers pasti sangat jarang atau bahkan tidak pernah membersihkan earphones kan? Nah, kebiasaan buruk ini ternyata bisa berbahayan dan inilah tiga alasan mengapa Anda harus rutin membersihkan earphones.

Bakteri bisa berkembang biak di dalamnya

Saat earphones digunakan, tentu mintak dan kotoran telinga bisa menempel pada alat mendengar tersebut. Nah, jika Anda jarang atau tidak pernah membersihkannya, minyak dan kotoran tersebut akan terus bertambah hingga menjadi sarang bakteri. Bisa dibayangkan jika Anda memakai earphones yang penuh bakteri?

Bersihkan Earphones, Jika Tidak Ini Akibatnya! | Breaktime
Rajin-rajin bersihkan earphones, ya!

Baca juga : APA SIH, BEDANYA HEADSET, EARPHONE DAN HEADPHONE?

Meminjamkan earphones pada orang lain ternyata juga buruk

Hal ini seringkali dilakukan oleh siapapun. Dengan enaknya kita meminjam dan meminjamkan. Padahal microbial flora di dalam telinga akan bertambah dua kali lipat dan bakteri baru bisa menempel. Jadi, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu sebelum atau sesudah meminjamkannya ya.

Bakteri bisa bersarang di saluran telinga

Menurut Lisa Sturm, yang merupakan Director of Epidemiology dari University of Michigan Health System, udara panas yang terjebak dalam saluran telinga saat menggunakan earphones merupakan lingkungan ideal untuk bakteri terus berkembang biak.

Jadi, mulai sekarang bersihkan minyak dan kotoran pada earphones dengan kain atau tisu kering. Bila bagian karet bisa dilepas, bilas dengan air hangat dan cuci dengan sabun cair. Kemudian keringkan. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan earphones dengan aman dan nyaman.



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE