Berapa Kapasitas RAM yang Sebenarnya Dibutuhkan | Breaktime
Berapa Kapasitas RAM yang Sebenarnya Dibutuhkan?
22.12.2015

Anda tentu berpikir bahwa semakin besar kapasitas sebuah RAM, kinerja sebuah PC, laptop, atau smartphone akan semakin baik. Namun, benarkah pemikiran ini?

Microsoft meluncurkan sistem operasi Windosw 8 edisi 64-bit yang mendukung 128GB memori atau RAM. Sedangkan Windows 8 Pro mampu mendukung hingga 512GB. Namun, sebanyak itukah yang kita butuhkan? Nyatanya, Anda mungkin membutuhkan lebih sedikit RAM dari pada yang Anda pikirkan. Meskipun harganya tak mahal, namun menambahkan memori juga tak akan memberikan keuntungan bagi Anda.

Berapa Kapasitas RAM yang Sebenarnya Dibutuhkan | Breaktime
Sesuaikan kapasitas RAM dengan pekerjaan Anda.

Menentukan kebutuhan RAM

Kebutuhan memori sebenarnya didasarkan pada program mana yang mungkin akan Anda jalankan. Namun, seharusnya untuk membuka beberapa program sekaligus, Anda tidak membutuhkan puluhan gigabyte RAM akan program dapat berjalan efektif.

Sebenarnya tidak ada acuan untuk menentukan berapa banyak yang Anda butuhkan, karena setiap orang memiliki pekerjaan berbeda, dengan menggunakan program yang berbeda pula. Namun, Anda bisa menentukan kebutuhan Anda sendiri lho, B’timers. Caranya pun cukup mudah.

Gunakan Windows Performance Monitor untuk melacak operasi penting, beserta besaran memori yang Anda butuhkan. Anda juga bisa mengguanakan aplikasi Real World Benchmark untuk mengetahu besaran RAM yang Anda butuhkan. Kedua program tersebut, akan memberikan Anda informasi yang nantinya dapat Anda jadikan acuan berapa gigabyte RAM yang Anda butuhkan.

RAM 4 GB vs 8 GB

Berapa Kapasitas RAM yang Sebenarnya Dibutuhkan | Breaktime
Perbandingan RAM 2GB, 4GB, dan 8GB

Sebuah pengujian untuk mengetahui kemampuan RAM 4 dan 8 GB, menyimpulkan bahwa penggunaan beberapa program atau aplikasi secara bersamaan, sebenarnya tidak pernah menggunakan RAM lebih dari 4 GB. Kecuali Anda menggunakan beberapa program untuk menyelesaikan pengolahan file video 4K dan database yang sangat besar. Jika Anda bekerja menggunakan google chrome juga memerlukan kapasitas RAM yang besar, karena google chrome terkenal dengan penggunaan RAM yang besar. Program yang menggunakan Java juga memerlukan penggunaan RAM yang besar,  

Meskipun saat ini, beberapa produsen telah mengeluarkan produk yang dilengkapi dengan RAM sebesar 8 GB, namun sebenarnya Anda hanya membutuhkan tak lebih dari 4 GB saja. Bahkan dalam pengujian yang dilakukan, diketahui bahwa perbedaan antara sistem dengan RAM 4GB dan 8GB hanya memiliki selisih 3 persen saja.

Oleh karena itu, sebaiknya sesuaikan kapasitas RAM dengan kebutuhan pekerjaan Anda. Karena menggunakan RAM berkapasitas besar, belum tentu berpengaruh terhadap kinerja PC atau laptop Anda. (dfr)

Share This Article