Benarkah Ponsel Picu Ledakan SPBU | Breaktime
Benarkah Ponsel Picu Ledakan SPBU? Check This Out, B'timers!
30.12.2015

Pernahkah Anda mendengar larangan untuk menyalakan ponsel di SPBU? Ya larangan itu merujuk langsung dengan beberapa kasus ledakan yang terjadi di areal pengisian bahan bakar. Ada yang berpendapat bahwa menggunakan ponsel akan memicu ledakan, ada juga yang mengatakan bahwa itu tidak sepenuhnya benar.

Sudah beberapa kali percobaan dilakukan untuk membuktikan kebenaran mengenai ledakan yang dipicu oleh ponsel. Hasilnya adalah memang benar adanya. Kemungkinan terjadinya ledakan pada tangki penyaluran bahan bakar bisa terjadi akibat penggunaan ponsel B'timers.

Bila digambarkan proses terjadinya ledakan di SPBU adalah berawal dari sinyal yang digunakan hp ketika berkomunikasi. Saat seseorang menggunakan ponsel untuk bertelpon, otomatis, pemancar sinyal akan terfokuskan pada ponsel tersebut. Sinyal adalah sebuah radiasi yang dikirim dari pemancar utama pada tower-tower terdekat.

Benarkah Ponsel Picu Ledakan SPBU | Breaktime
Setidaknya matikan pnsel agar Anda terhindar dari bahaya nantinya

Karena terbuat dari radiasi, panasnya akan dirasakan disekitar ponsel meskpun tidak besar. Akan tetapi cukup untuk memicu kebakaran karena panas yang tinggi dapat mempengaruhi molekul-molekul di sekitar bensi. Sehingga memicu api yang berujung pada kebakaran hingga ledakan.

Akan tetapi, untuk menciptakan hal seperti itu, dibutuhkan setidaknya banyak ponsel yang aktif secara terus menerus ketika proses pengisian bahan bakar. Jadi satu ponsel tidak akan membuat ledakan tersebut. Namun, meskipun tidak bisa menyebabkan kebakaran besar, tetap saja satu ponsel berbahaya apabila digunakan saat mengisi bahan bakar.

Meskipun penelitian itu dilakukan tidak secara langsung ke mesin pengisi bahan bakar, alangkah baiknya untuk tidak melakukan hal yang dilarang B'timers. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, alangkah baiknya untuk mematikan ponsel atau menonaktifkan paket data Anda agar keamanan diri bisa terjamin. (wsu)

Share This Article