Beli Ponsel Xiaomi Bekas? Siapa Takut! | Breaktime
Beli Ponsel Xiaomi Bekas? Siapa Takut!
13.09.2017

Baru-baru ini, pamor ponsel pintar bermerk Xiaomi mulai merangkak naik di antara berbagai lini produsen smartphone lainnya. Di negeri asalnya di Tiongkok, ponsel XIaomi dijuluki sebagai iPhone dari negeri tirai bambu karena penjualannya di sana bahkan mengalahkan merk Samsung. Di Indonesia sendiri, ponsel Xiaomi banyak diidolakan anak muda karena harganya yang cukup terjangkau namun dengan spesifikasi yang tak kalah ciamik dibandingkan dengan merk smartphone lainnya dengan harga selangit.

Dengan berbagai merk ponsel yang saat ini seakan berlomba merilis seri terbarunya masing-masing, tentu membeli ponsel secondhand tak lagi menjadi hal yang tabu atau memalukan. Di pasaran, banyak terdapat ponsel yang baru dirilis dan baru dipakai selama beberapa bulan kemudian dijual kembali karena kebanyakan pengguna mengejar tren dan gemar berganti hp. B’timers mungkin penasaran, kalau harga Xiaomi baru saja sudah murah, lalu semurah apakah ponsel Xiaomi bekas? Eits, jangan tergesa melakukan pembelian dulu ya! Simak berbagai tips berikut ini agar Anda tak salah langkah apalagi kena tipu saat mencari smartphone Xiaomi bekas namun tetap berkualitas.

Pertama, pastikan Anda mengetahui versi dan spesifikasi smartphone Xiaomi yang paling sempurna untuk Anda. Dengan banyaknya rilisan baru ponsel Xiaomi dalam beberapa tahun belakangan, untuk amannya Anda bisa memilih versi yang paling akhir dikeluarkan. Simpelnya, kalau bisa membeli Redmi 4, kenapa harus membeli Redmi 3? Selain itu, B’timers dengan budget terbatas bisa membeli beberapa versi sebelumnya karena rilisan terbaru pasti masih dijual dengan cukup mahal. Yang terpenting, pastikan bahwa ponsel Xiaomi bekas yang hendak Anda beli memiliki fitur terbaru yang hampir pasti dapat ditemukan di berbagai smartphone seri terbaru, seperti dukungan terhadap sinyal 4G atau memori internal sebesar setidaknya 32 GB. Artinya, bisa jadi ponsel seri lama memiliki beberapa fitur yang lebih baik atau sama saja dengan ponsel keluaran terbaru sehingga lebih layak beli.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kabar Kematian Google Drive Sangat Mengejutkan

Selain spesifikasi, membeli ponsel secondhand juga sebaiknya mempertimbangkan adanya garansi. Terdapat rumor bahwa Xiaomi merupakan handphone sekali pakai, apalagi dengan harganya yang murah sehingga semua pengguna dengan mudahnya membeli seri terbaru. Tentu saja, apapun merk dan serinya, memberi ponsel bekas yang masih dalam masa garansi cukup panjang merupakan keputusan terbijak yang dapat Anda lakukan. Apabila Anda mencari dengan cukup cermat, B’timers akan dengan mudah menemukan ponsel Xiaomi yang baru dipakai selama 3 atau 6 bulan yang di pasaran. 

Beli Ponsel Xiaomi Bekas? Siapa Takut! | Breaktime
Aneka pilihan seri dan spesifikasi ponsel Xiaomi

Setelah memastikan spesifikasi ponsel Xiaomi bekas yang Anda sukai, B’timers harus memastikan bahwa ponsel Xiaomi Anda dapat di-update ke versi MIUI 9. MIUI 9 merupakan sistem operasi terbaru yang berbasis Android Nougat. Berbeda dengan generasi sebelumnya, OS teranyar bagi ponsel Xiaomi ini hadir dalam 3 fitur terbaiknya, yakni Image Search, Smart Assistant, dan Smart App Launcher. Tak semua ponsel Xiaomi rilisan lama mendapat bagian update ke MIUI 9. Daftar smartphone Xiaomi yang pasti kebagian update MIUI 9 di antaranya ialah Xiaomi Mi 6, Xiaomi Redmi Note 4X, Xiaomi Mi Mix, Xiaomi Mi Note 2, Xiaomi Mi 5, Xiaomi Mi 5s, Xiaomi Mi 5s Plus, Xiaomi Mi 5c, Xiaomi Mi Max, Xiaomi Mi Max 2, Xiaomi Mi 4s, Xiaomi Mi 4c, Xiaomi Redmi 4X, Xiaomi Redmi 2A, dan Xiaomi Redmi 1/1S.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Menyelami Virtual Reality vs Augmented Reality

Terakhir, pastikan bahwa ponsel Xiaomi bekas yang Anda beli nantinya memiliki ROM Global Official. Beberapa jenis ROM Global lainnya seperti ROM Global Cina Official sebenarnya merupakan versi asli resmi namun tidak menyediakan pilihan bahasa Indonesia dan belum terpasang aplikasi bawaan Google seperti Play Store. Xiaomi dengan ROM Developer China merupakan smartphone khusus pengembang sehingga dijamin mendapatkan update aplikasi paling cepat setiap pekan. Sebaliknya, terdapat juga Xiaomi dengan ROM Distributor abal-abal alias modifikasi yang memiliki banyak kekurangan dan sangat tidak disarankan untuk Anda beli.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Terkuak Alasan Hp Xiaomi Terbaru Lebih Murah!

Nah, B’tiemrs, daripada mengejar tren dan membeli smartphone keluaran terbaru, tak ada salahnya kan membeli ponsel Xiaomi bekas asal tetap berkualitas? (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE