Baterai Smartphone Sering Nggak Awet? Bisa Jadi Karena Ini | Breaktime
Baterai Smartphone Sering Nggak Awet? Bisa Jadi Karena Ini
09.07.2018

Breaktime.co.id - Pernah nggak kamu baru beli Smartphone, tapi beberapa hari kemudian sudah rusak atau hang? Atau baru beberapa menit di-charge sampai full, tapi sudah habis baterainya dengan cepat? Nah, kalau kamu pernah mengalami itu semua, berarti kamu harus lebih memperhatikan cara dan kebiasaan kamu dalam menggunakan smartphone. Jangan-jangan banyak kebiasaan yang sebenarnya tidak boleh dilakukan tapi sering sekali dilakukan sama kamu. Ini nih beberapa kesalahan dalam perawatan smartphone yang sering sekali dilakukan.

Charge Handphone Saat Sudah 0%

Ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan oelh kita semua. Pada umumnya material Li-on adalah yang paling sering digunakan untuk baterai smartphone. Dan sebenarnya akan lebih awet jika kita charge saat sudah 20% dan bisa mulai berhenti saat sudah menginjak 80%. Kalau kamu charge dari 0%, emang nggak langsung merusak baterai, tapi memperpendek umur dari baterai itu sendiri.

Isi Baterai Smartphone Baru Harus Sampai 100%

Banyak dari kita yang masih beranggapan seperti di atas. Tapi sebenarnya hal ini tidak perlu dilakukan. Kebanyakan smartphone sekarang sudah menggunakan bahan Li-on dan sudah bukan lagi menggunakan bahan nikel. Jadi nggak perlu lagi sampai 100%.

Menggunakan Smartphone Pas Lagi di-Charge

Siapa di antara kamu yang paling sering melakukan ini? Sabar dulu yah sampai smartphone selesai di- charge dan baru bisa kamu mainkan. Karena sebenarnya hal ini tidak baik untuk smartphone kamu. Arus listrik yang masuk ke dalam baterai akan langsung keluar dan digunakan oleh smartphone. Proses ini akan membuat baterai lebih lama terisi sekaligus akan memperpendek umur dari baterai kamu.

Menggunakan Sembarangan Charger

Pastikan untuk selalu menggunakan charger yang sesuai dengan kebutuhan smartphone. Dan lebih baik lagi menggunakan charger original bawaan dari si smartphone. Karena setiap charger pasti didesain sesuai dengan kebutuhan smartphone tersebut. Terutama dari tegangan dan arus yang masuk ke dalam smartphone. Hal ini akan memperpendek umur baterai dan IC Power smartphone kamu.

Di antara 4 kebiasaan buruk di atas, mana yang sering kamu lakukan?



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE