Awas, Waspada Cyber Crime! | Breaktime
Awas, Waspada Cyber Crime!
06.12.2015

Perkembangan teknologi yang meningkat pesat belakangan ini, menjadi salah satu peluang untuk melakukan tindak kriminal. Saat ini, tak sedikit pelaku kejahatan yang menggunakan identitas orang lain untuk mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, sudah semestinya Anda melindungi diri. Berikut caranya.

  • Gunakan password dan ID unik

Anda tentu memiliki beberapa akun di dunia maya. Sebaiknya gunakan ID dan password yang berbeda untuk tiap akun. Jika sulit mengingatnya, Anda bisa mencatat pada buku atau notes yang Anda punya. Hindari mencatat di smartphone ataupun laptop. Selain itu, gunakan password yang unik dan kuat. Gunakan gabungan huruf dan angka serta karakter untuk memperkuatnya. Kemudian, gantilah password Anda secara rutin.

  • Amankan perangkat yang Anda gunakan

Jika menggunakan komputer, Anda bisa mengaktifkan firewall, anti spyware, dam anti virus sekaligus. Perlindungan ini, akan menyulitkan orang-orang yang tak bertangung jawab untuk membobol perangkat Anda. Untuk perangkat mobile, Anda juga bisa menggunakan anti virus dari sumber terpercaya.

Awas, Waspada Cyber Crime! | Breaktime
Amankan perangkat yang Anda gunakan
  • Sosial Media Savvy

Hati-hati terhadap informasi yang Anda bagikan di Internet, termasuk nomor telepon, email, dan alamat rumah. Selain itu, pastikan profil jaringan sosial Anda bersifat Private, sehingga hanya teman-teman Anda yang bisa melihatnya. Kelalaian Anda dalam membagikan informasi bisa menjadi boomerang untuk Anda.

  • Update sistem operasi yang digunakan

Apapun perangkat yang Anda gunakan, baik iOS, Mac, Windows, Linux, ataupun Android, sebaiknya lakukan update pada perangkat Anda. Sistem operasi terbaru, umumnya juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang lebih canggih.

  • Lindungi data

Anda tentu memiliki data penting dan sensitif pada perangkat Anda, seperti catatan keuangan atau pajak. Untuk melindungi data ini, gunakan enkripsi, buat back up, dan simpan pada lokasi lain.

Awas, Waspada Cyber Crime! | Breaktime
Sebisa mungkin lindungi data dan identitas Anda
  • Lindungi identitas Anda

Ketika berhubungan dengan internet, tak jarang kita diminta untuk memasukkan data pribadi, seperti nama, alamat, no telepon, email, tanggal lahir, dan nama ibu. Usahakan untuk memberikan data ini hanya pada situs-situs terpercaya. Jika tidak, identitas pribadi ini bisa disalah gunakan oleh para pelaku cyber crime.

  • Hindari scammed

Ketika membuka situs tertentu, terkadang terdapat beberapa iklan atau banner yang menawarkan hadiah. Hal ini, seringkali akan menarik minta Anda. Tapi, sebisa mungkin hindari untuk meng-klik banner tersebut. Karena bisa jadi banner tersebut hanyalah penipuan yang digunakan untuk menyimpan data Anda.

  • Cari bantuan

Ketika Anda terlanjur menjadi korban, jangan panik. Segera hubungi orang yang tepat dan dapat membantu Anda. Jika terjadi kejahatan yang berupa pencurian identitas atau penipuan kemersial, Anda bisa melaporkannya pada pihak kepolisian.

Yuk, amankan data dan lindungi diri kita dari kejahatan cyber yang semakin meningkat! (dfr)

Share This Article