Awas, Smartphone Meledak Karena User Error! | Breaktime
Awas, Smartphone Meledak Karena User Error!
17.02.2016

Kasus ledakan yang terjadi pada ponsel mungkin sudah tidak terlalu mengejutkan lagi di telinga B’timers. Memang, belakang ini kasus seperti itu marak sekali terjadi. Namun, tidak semua ledakan ponsel disebabkan karena kesalahan perangkat. User atau pengguna juga memiliki kemungkinan melakukan kesahalah sehingga perangkat meledak dan terbakar. Nah, merikut ini beberapa kasus untuk disimak agar Anda waspada smartphone meledak.

iPhone meledak

Kasus ini dialami oleh Wu Jiyantong pada Juli 2013 lalu. Seorang warga asal Tiongkok ini koma selama 9 hari di rumah sakit akibat ponsel meledak. Berawal ketika Jiyantong menyolokkan charger iPhone-nya ke stop contact untuk mengisi baterai ponselnya. Nahas, ponsel yang masih di genggamnya kemudian meledak hingga melukai tangannya.

Sang kakak menemukannya sudah tak sadarkan diri sesaat setelah ia berteriak minta tolong. Menurut penyidikan, ledakan tersebut disebabkan karena Jiyantong menggunakan charger bukan bawaan iPhone. Melainkan charger palsu atau tiruan yang dibelinya di pasar gadget.

Awas, Smartphone Meledak Karena User Error! | Breaktime
Akibat menggunakan charger palsu

Kasus serupa juga dialami oleh Ma Ailun. Ia harus mengalami insiden mengerikan ketika iPhone 4 miliknya meledak tepat di wajahnya. Dari informasi keluarga, ternyata saat itu Ailun melakukan panggilan ketika smartphone miliknya itu sedang di-charge. Padahal, keluarganya mengaku sudah berkali-kali memperingatkan seluruh anggota keluarga agar tidak melakukan panggilan ketika charging.

Baterai terbakar

Kasus selanjutnya agar Anda waspada smartphone meledak adalah kasus yang dialami oleh seorang pelajar di Gwangju, Korea Selatan. Kasus yang terjadi di ahun 2012 lalu. Pelajar pemilik Samsung Galaxy S2 tersebut terluka di bagian pantat dan beberapa jari tangannya akibat ponselnya yang tiba-tiba meledak di kantong. Usut punya usut, ternyata pelajar tersebut menggunakan baterai yang tidak original.

Masih karena baterai, seorang pemilik Samsung Galaxy S3 mengalami luka besar di pahanya setelah ponselnya meledak di tempat kerja hingga hangus terbakar. Setellah diselidiki, petugas akhirnya menemukan bahwa baterai tersebut palsu padahal berlogo Samsung. Jadi, yakin baterai smartphone Anda asli?

Terbakar akibat main game

Kasus yang lebih parah lagi terjadi pada Du di tahun 2013 lalu. Ia mengaku saat itu dirinya bermain game di Samsung Galaxy S4-nya saat perangkatnya sedang di-charge. Tiba-tiba smartphone tersebut mengeluarkan api. Serta merta Du melemparkan ponselnya dan api merambah hingga membakar setengah bagian apartemennya. Pemadam kebakaran membutuhkan waktu 30 menit untuk menaklukkan si Jago Merah.

Awas, Smartphone Meledak Karena User Error! | Breaktime
Apartemen Du terbakar akibat smartphone meledak

Dari beberapa kasus di atas, B’timers sudah tahu bukan caranya menghindari dan waspada smartphone meledak? Jangan menggunakan ponsel saat di-charge, jangan biarkan suhu panas terlalu tinggi, jangan menggunakan perangkat palsu dan hindari mengisi ponsel terlalu lama. (nap)

Share This Article