Apakah Hantu Benar Ada? Cari Tahu di Sini! | Breaktime
Apakah Hantu Benar Ada? Cari Tahu di Sini!
24.01.2016

Indonesia adalah negara yang kental akan tradisi serta peraturan adat yang dijunjung tinggi sejak zaman dahulu. Banyak acara adat yang melibatkan makhluk-makhluk kasat mata seperti hantu atau roh yang dihormati. Menurut B'timers, apakah hantu atau roh halus itu sungguh nyata?

Apabila dikaitkan dengan agama, roh atau mahluk kasat mata itu ada karena diciptakan oleh Tuhan. Bahkan, hampir di semua kitab agama yang ada dijelaskan bahwa keberadaan mahluk berbeda dimensi ini benar adanya. Akan tetapai, menurut fakta ilmiah dan ilmu logika berbeda lagi jawabannya.

Fenomena penampakan hantu adalah sebuah kejadian di mana seseorang melihat sesuatu mengerikan yang berada di luar nalar dan pikiran. Namun, menurut fakta-fakta ilmiah, fenomena ini disebabkan oleh beberapa hal berikut :

Apakah Hantu Benar Ada? Cari Tahu di Sini! | Breaktime
Hantu bisa “tampak” ketika seseorang dalam kondisi terlalu lelah

1. Alasan psikologi

Kebanyakan dari mereka yang memiliki gangguan kejiwaan mengalami lebih banyak halusinasi. Hal ini disebabkan karena alam bawah sadarnya lebih aktif dibandingkan orang normal. Inilah mengapa hal-hal yang menjadi ketakutan para pasien gangguan jiwa terlihat nyata dan menghantui mereka.

2. Infrasonik

Manusia dapat mendengar suara dengan rentang frekuensi sebesar 20 Hz sampai 20.000 Hz. Suara infrasonik adalah getaran lemah di bawah 20 Hz dan hanya mahluk hidup tertentu saja yang bisa mendengarnya. Namun, dalam beberapa kondisi manusia juga bisa mendegar gelombang suara ini. Infrasonik menyebabkan seseorang merasa gelisah, merinding, dan bola mata bergetar yang pada akhirnya terciptalah bayangan halusinasi.

3. Sleep Paralysis

B'timers pernah merasakan tubuh Anda tidak bisa bergerak padahal Anda terjaga? Ya, ini disebut juga dengan sleep paralysis. Hal ini terjadi karena ketika manusia tertidur, seluruh tubuh akan beristirahat. Namun, ketika seseorang dalam tidurnya secara spontan bangun, yang terjadi adalah tubuh tidak bisa digerakkan. Dan biasanya, ketika itu terjadi Anda akan melihat sosok-sosok khayalan yang sebenarnya adalah bayangan ciptaan otak.

4. Gelombang listrik

Sebuah penelitian asal Swiss mengatakan, ada sebuah bagian otak yang membuat sebuah penggambaran nyata. Bagian otak tersebut adalah left temporoparietal junction, yang bisa dirangsang oleh sinyal listrik dan memunculkan bayangan. Sebenarnya, tugas dari bagian otak ini adalah membedakan diri sendiri dengan orang lain. Apabila bagian ini mengalami gangguan, seseorang akan dengan mudah mengalami halusinasi.

Itulah sejumlah penjelasan secara ilmiah mengapa hantu-hantu kasat mata tersebut bisa dilihat. Percaya atau tidak percaya itu adalah keputusan dari masing-masing pribadi. Namun, alangkah baiknya Anda menghormati keberadaan mahluk “tidak terlihat” karena bagaimanapun juga setiap agama menyebutkan bahwa mereka memang ada. | WSU

Share This Article