Apa yang Membuat Google Ganti Logo? Let’s Find The Answer! | Breaktime
Apa yang Membuat Google Ganti Logo? Let’s Find The Answer!
15.09.2015

Di awal September lalu, Google mengganti logo yang biasa tertera di atas bar mesin pencariannya. Melalui blog resmi mereka, Google mengatakan bahwa alasan penggantian logo tersebut disebabkan kebutuhan penggunaan Google sebagai search engine lintas platform dan dapat diakses menggunakan berbagai perangkat elektronik semakin meningkat, maka diperlukan harmonisasi agar semuanya dapat mengaksesnya dengan cepat dan nyaman.

Google sendiri menjelaskan bahwa penggantian logo tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan pendirian induk perusahaan mereka yang baru, yaitu Alphabet. Namun tahukah, ternyata ada sejumlah kontroversi di balik penggantian logo Google tersebut.

Isu penjiplakan

Setelah Google mengumumkan penggantian dan penggunaan logo barunya itu per tanggal 1 September 2015, banyak netizen di seluruh dunia menanyakan apa arti dan maksud penggantian logo tersebut. Seiring dengan pertanyaan-pertanyaan yang beredar, muncul pula dugaan penjiplakan hak cipta yang beredar luas di Twitter.

Penjiplakan tersebut adalah kemiripan logo Google di tab bar dengan logo milik Qwant. Bahkan menurut sejumlah pemberitaan yang ramai di Prancis, Qwant akan segera melayangkan gugatan pelanggaran hak cipta logonya kepada pengadilan. Mirip seperti Google, Qwant adalah sebuah mesin pencari yang banyak digunakan oleh masyarakat di Eropa.

Tuduhan penjiplakan ini ramai dibicarakan di Twitter
Tuduhan penjiplakan ini ramai dibicarakan di Twitter

Font logo baru Google sama dengan font logo Alphabet

Walaupun mengatakan bahwa tidak sangkut pautnya penggantian logo dengan pendirian induk perusahaan, namun logo Alphabet dan Google memiliki font yang sama, yaitu sans-serif.

Dapat dilihat di seluruh dunia

Berkaitan dengan penggantian dan penggunaan logo baru tersebut, Google juga membuat Doodle khusus yang dapat dilihat oleh seluruh penggunanya di berbagai negara. Pada umumnya, tidak semua Doodle yang dibuat Google dapat dilihat semua orang, karena pembuatan Doodle tersebut didasarkan pada kejadian atau momen apa yang terjadi di suatu negara.

Meniru gaya brand lain

Selain dikabarkan menjiplak logo Qwant, huruf ‘e’ yang digunakan dalam logo Google terbaru juga menyerupai logotype yang dipakai oleh vendor smartphone terkenal, Lenovo. Kedua perusahaan ini sama-sama menggunakan font jenis sans-serif, memakai desain flat dan pada huruf ‘e’ –nya didesain agak mendongak ke atas.

Bahkan sindiran bahwa Google dan Lenovo saling ‘mencintai’ dikaitkan dengan kesamaan penggunaan font
Bahkan sindiran bahwa Google dan Lenovo saling ‘mencintai’ dikaitkan dengan kesamaan penggunaan font

Google dianggap cuma ikut-ikutan

Banyak sindiran yang bermunculan setelah Google mengumukan pergantian dan penggunaan logo barunya itu. Salah satunya adalah dikatakan bahwa perusahaan raksasa satu ini hanya sebagai pengekor, karena desain flat sebelumnya sudah digunakan banyak brand lain, seperti Yahoo, Microsoft sampai dengan Facebook. Google baru menggunakannya pada saat mendekati akhir tahun 2015.

Fitur baru

Jika B’timers mengetik “Fun Facts” di laman pencarian Google, maka mesin pencari ini akan menyuguhkan satu kolom khusus di bagian atas yang membahas tentang fakta-fakta menarik dan unik terkait apapun.

Ada beberapa fitur baru yang menyertai pergantian logo Google
Ada beberapa fitur baru yang menyertai pergantian logo Google

Baca juga: GOOGLE ‘PAKSA’ PENGGUNA YOUTUBE TONTON IKLAN SECARA PENUH

Setelah merilis backrup atau cikal-bakal berdirinya Google, Larry Page dan Sergey Brin mengumpulkan orang-orang terdekat mereka untuk bekerja sama membesarkan Google. Logo pertama Google didesain oleh Ruth Kedar. Font dan penataan logo tersebut terus digunakan sejak September 1998 sampai dengan Agustus 2015.

Share This Article