Apa yang Membuat Fidget Spinner Begitu Booming? | Breaktime
Apa yang Membuat Fidget Spinner Begitu Booming?
27.05.2017

Belakangan ini, semakin menjamur saja kawula muda hingga orang dewasa yang dengan lihainya memainkan permainan hits bernama hand spinner, atau yang dikenal juga dengan sebutan fidget spinner. Sistem permainannya pun sederhana, siapapun hanya butuh untuk menaruh ujung ibu jari dan ujung jari telunjuk di bantalan lingkaran bagian tengah mainan. Setelah itu, tinggal putar salah satu lingkaran luaran mainan menggunakan tangan yang satunya and there you gofidget spinner seketika berputar dengan amat cepat menciptakan visualisasi yang atraktif.

Mainan ini pada dasarnya terbuat dari berbagai macam bahan seperti titanium, stainless steel, kuningan, tembaga hingga alumunium dan plastik. Berbeda bahan dasar tentu akan menghasilkan efek tekstur yang berbeda pula. 

Apa yang Membuat Fidget Spinner Begitu Booming? | Breaktime
fidget spinner tersedia dalam aneka varian warna menarik

Ada juga yang menggunakan desain ala hybrid alias menggabungkan dua bahan untuk dikombinasikan bersama. Semakin kompleks bahan yang digunakan, biasanya kualitas fidget spinner juga akan menjadi bertambah ciamik. Bahkan, kini banyak juga lho bermunculan jenis fidget spinner dengan fitur glow in the dark.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Wow! Vending Machine ini Buat Anda Geleng Kepala

Fidget spinner sendiri sebenarnya diciptakan untuk menjadi mainan yang membawa manfaat kesehatan. Bagi para pengidap autisme, ADHD maupun anxiety, mainan ini amat sangat disarankan karena dipercaya mampu merilis rasa gugup dan rasa stres. Selain itu fidget spinner pun bisa menjadi alternatif penghilang rasa bosan bagi siapa saja, termasuk para siswa usia sekolah hingga para pekerja karyawan kantoran.

Yang membuat fidget spinner digadang-gadang sebagai mainan yang jitu dalam menghilangkan stres adalah efek kepuasan sensoriknya. Kala mainan ini berotasi dengan kecepatan penuh, maka Ia akan mengirimkan rasa nyaman pada jari yang berada di bantalan tengah mainan. Ditambah lagi, mainan ini  diyakini sebagai alat yang dapat membantu seseorang untuk menjadi jauh lebih fokus.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
5 Teknologi Ini Dibuat Untuk Orang Milenial

Berdasarkan penelitian dari the Journal of Abnormal Child Psychology di tahun 2015, terdapat sebuah penemuan bahwa anak-anak usia delapan hingga 12 tahun yang mengidap ADHD dapat mengingat informasi secara lebih baik setelah melakukan aktivitas yang melibatkan fungsi motorik kasar. Tentu saja, hal ini dapat menjadi salah satu acuan kenapa fidget spinner secara tidak langsung mampu membangkitkan daya fokus dari para pemainnya.

Apa yang Membuat Fidget Spinner Begitu Booming? | Breaktime
benarkah fidget spinner dapat menenangkan pikiran?

Walaupun mainan unik satu ini semakin mewabah akibat sensasi yang diciptakannya, namun Ia ternyata banyak dicekal di beberapa sekolah lho. Beberapa sekolah di wilayah negara bagian Amerika Serikat seperti Massachussetts, Brooklyn, Florida, New York, Chicago dan Illinois pun memutuskan untuk melarang para muridnya memainkan si fidget spinner.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Wow! Ini Bentuk Keyboard Teraneh yang Pernah Ada

Alasannya? Well, menurut para guru, mainan ini justru merupakan sebuah sumber adiksi baru di kalangan para siswa yang membuat mereka jadi kurang memperhatikan pelajaran di kelas. Berbeda lagi dengan pendapat dari seorang terapis anak asal Cleveland bernama Claire Heffron, Ia justru percaya bahwa fidget spinner dapat menjadi mainan yang menguntungkan di kelas. Keuntungan tersebut tentunya meliputi kelancaran perilisan rasa stres dan kecemasan para murid di sekolah. Oleh karenanya, diperlukan kerjasama antara para murid, pihak sekolah dan juga orang tua untuk membantu kesuksesan program semacam ini di kelas.

Wah B’timers, ternyata si fidget spinner yang sedang booming di mana-mana ini tidak terlepas dari yang namanya kontroversi ya. Memang sih, Ia bisa meredakan segala kegalauan beserta beban pikiran Anda secara sesaat. Tapi ingat, jangan sampai Anda diperbudak oleh mainan ini karena sejatinya masih banyak juga kok sumber-sumber penghilang stres yang lainnya. (kps)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE