Apa Sih, Manfaat Virtual Reality dan Simulasi 3D | Breaktime
Apa Sih, Manfaat Virtual Reality dan Simulasi 3D?
28.05.2016

Menggunakan teknologi baru virtual reality dan 3D kini sudah bukan hal asing lagi. Khususnya bagi pelajar atau pekerja, teknologi ini bisa sangat membantu karena mempelajari sesuatu yang baru bisa terasa lebih nyata secara visual, B’timers. Jenis teknologi ini layaknya kembali ke cara dasar belajar dengan komputer dan bisa membangkitkan antusiasme pengguna. Baik dari sisi trainer dan trainee, simak berikut ini manfaat menggunakan teknologi virtual reality dan 3D:

Belajar teori sekaligus praktik

Dengan teknologi ini, Anda bisa sekaligus mempelajari teori dan mempraktikkannya langsung, karena Anda dapat mengalaminya secara visual sehingga dapat memberi pengalaman lebih. Virtual reality akan membuat Anda paham teorinya dan bagaimana itu diaplikasikan di dunia nyata, tanpa harus langsung bersentuhan dengan wujud barang yang sesungguhnya.

Situasi di kehidupan nyata

Virtual reality digunakan untuk menciptakan skenario yang mencerminkan situasi seakan-akan ada sungguhan di dunia nyata. Anda bisa melihat simulasi cara kerja sebuah mesin, atau belajar bagaimana soft skill diterapkan dalam aksi seseorang di dunia nyata. Semuanya terasa seperti sungguhan, padahal hanya virtual. Pengalaman yang Anda dapat akan terasa lebih nyata. 

Apa Sih, Manfaat Virtual Reality dan Simulasi 3D | Breaktime
Virtual reality bisa jadi sarana belajar hal baru dengan cara canggih dan sangat menarik

Membuat belajar terasa seru dan menarik

Saat kecil, Anda belajar dengan melihat sesuatu, mendengarkan bunyi-bunyian dan bermain. Anda pun jadi terstimulan lewat berbagai warna, bentuk dan bunyi yang dijumpai. Dengan konsep serupa, virtual reality memberikan cara belajar yang sangat fun lewat grafis menakjubkan dan terlihat nyata, audio yang informatif, serta skenario interaksi dengan kecanggihan teknologi 3D, seakan Anda sungguh-sungguh berada di sana.

Lebih hemat biaya

Apa Anda punya sarana training yang terbatas, membutuhkan perlengkapan latihan yang mungkin terlalu mahal atau ada terlalu banyak orang yang harus dilatih dalam satu waktu bersamaan? Maka virtual reality bisa jadi solusi. Anda yang sedang merencanakan pelatihan untuk semua karyawan, menggunakan virtual reality bisa mempermudah pembelajaran, tanpa harus mengakses semua perlengkapan dan peralatan yang sesungguhnya.

Nah, ternyata menggunakan virtual reality yang canggih dapat memberikan manfaat yang besar, ya, B’timers? (md)

Share This Article