Apa, Bedanya Headset, Earphone dan Headphone? | Breaktime
Apa Sih, Bedanya Headset, Earphone dan Headphone?
15.06.2016

Ada satu macam aksesori gadget yang sudah sangat familiar dan biasa kita gunakan untuk mendengarkan audio atau menelepon, yaitu headset. Nah, tapi B’timers pasti masih sering mengalami rancu untuk istilah headset, earphone dan headphone. Memang memiliki fungsi yang mirip, namun ketiganya didesain dengan fitur yang sedikit berbeda satu sama lain. Lalu, apa ya, beda headset dan earphone, serta headphone? Cari tahu di sini.

Headset

Headset adalah satu set headphone yang dilengkapi dengan microphone atau mic. Mic yang disertakan melengkapi headset biasanya ada dua macam, mic yang bisa digeser posisinya atau mic yang sudah paten dan tak bisa digeser-geser lagi. Headset ideal digunakan untuk berkomunikasi dengan aplikasi seperti Skype, bermain online games yang menggunakan komunikasi suara dan lain-lain.

Headphone

Termasuk perangkat lawas, headphone adalah aksesori yang cukup simple. Headphone pada dasarnya adalah sepasang speaker yang ditempelkan di semacam alat berbentuk seperti bando, agar bisa diletakkan di kepala dengan posisi speaker di telinga untuk mendengarkan suara atau musik. Biasanya, suara pada headphone lebih jelas, sehingga memberikan pengalaman yang melegakan saat menggunakan headphone.

Apa, Bedanya Headset, Earphone dan Headphone? | Breaktime
Earphone praktis dan mudah dibawa ke mana saja

Earphone

Earphone adalah aksesori yang lebih ringkas dan simple dibandingkan headset dan headphone. Beda headset dan earphone serta headphone adalah speaker pada earphone bisa dimasukkan ke lubang telinga karena bentuk dan ukurannya yang kecil. Jadi, menggunakan earphone dapat menghubungkan Anda langsung dengan sumber suara, sehingga semuanya akan terdengar lebih jernih lagi.

Nah, kini Anda sudah tahu beda headset dan earphone serta headphone, bukan? Pada dasarnya, konsep ketiganya mirip, namun hanya beda di bentuknya saja. Kalau B’timers, paling suka pakai yang mana? (md)

Share This Article