Apa Kata Mereka yang Hadir Tentang Ideafest | Breaktime
Apa Kata Mereka yang Hadir Tentang Ideafest
03.10.2016

Anies Baswedan (Educator & Social Innovator): Saya berharap industri kreatif ini tumbuh besar dan ini akan mempunyai efek pada 1.) Kesejahteraan, 2.) Positioning kita di dunia. Kita akan bisa melakukan penetrasi pada seluruh wilayah dunia dengan kreatifitas. Kreatifitas itu bisa travel across borders, any broders. Karena itu kenapa kreatifitas ini harus kita dorong. Mengenai Ideafest: Bagus sekali, saya sangat suka, sangat setuju dan berharap berkembang terus.

Hooi Ling Tan (Grab): Menurut saya, industri kreatif di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa, seperti yang saya bagikan pada presentasi sebelumnya, hari ini. Saya telah mengikuti berbagai conference seperti ini, namun tidak  banyak di antaranya yang diselenggarakan dengan baik dan banyak pembicara yang hebat seperti Ideafest. Hal ini jelas dikarenakan banyaknya orang-orang hebat yang menjalankan program ini dan juga karena negara ini memiliki banyak orang-orang kreatif.

Gwendolyn Regina (Mashable): Terimakasih banyak kepada Ideafest yang telah mengundang saya. Industri kreatif di Indonesia yang saya lihat dari sudut pandang inovasi teknologi sangatlah mengagumkan. Kita sedang membicarakan negara dengan jutaan penduduk yang memiliki banyak enterpreneur, developer  dan orang-orang kreatif di Indonesia, seperti di Bandung dan Jakarta. Mereka melakukan hal-hal keren yang menyasar pada permasalahan lokal dan menurut saya itulah kreatif. Ini bukan tentang membuat lukisan Picasso. Saya melihat banyak bukti bahwa kreatifitas telah menyebar ke seluruh Indonesia melalui teknologi startup. Dan Ya Tuhan! Ideafest sangatlah luar biasa. Ideafest ibarat konser rock dengan pembicara superstar. Ideafest mengumpulkan banyak pembicara dengan konten yang bagus serta pengalaman yang menarik. Pesertanya terlihat luar biasa juga, mereka sangat siap untuk menyerap dan belajar.

Apa Kata Mereka yang Hadir Tentang Ideafest | Breaktime
Ideafest

Ridwan Kamil (Mayor of Bandung): Pada dasarnya orang-orang Indonesia ini orang-orang yang sangat punya daya imajinasi yang luar biasa. Kalau sistemnya ada, orang-orang kreatif ini akan menemukan kekuatan yang luar biasa. Tapi kadang-kadang sistemnya tidak ada, nah oleh karena itu forum-forum ini membentuk sistem saling menginspirasi. Kemudian saya juga mempraktekkan nilai-nilai kreatifitas. Lama-lama kalau saling terkoneksi dan terakumulasi, kekuatan ekonomi kreatif di Jakarta, di Bandung, di Indonesia ini akan luar biasa maju. Intinya masa depan ada di tangan anak-anak muda, jangan pernah takut salah. Kalau semua terlalu perhitungan, biasanya itu bukan orang-orang sukses. Orang sukses itu orang yang eksperimen, ambil resiko, belajar dan akhirnya bisa karena biasa.

Gen Oil (Pemenang Kompetisi Ideas for Indonesia): Ideafest merupakan festival ide terbesar di Indonesia dan ini merupakan langkah yang konkrit untuk mengumpulkan ide-ide yang luar biasa dari semua anak muda di Indonesia. Dan ini kalau dijalankan secara konsisten, akan berdampak nyata kepada hal yang bermanfaat bagi masyarakat kita. Waktu menjadi finalis, kami di sini betul-betul diperlakukan dengan baik. Kemudian kami dibawa ke tempat-tempat yang sangat inspiratif. Kemudian dengan dilatih oleh mentor yang professional jadi kami bisa lebih mengembangkan sebenarnya apa yang ingin kita sampaikan kepada orang. Yang pertama kami datang ke sini kami buat ppt (slide) yang seperti buatan anak SD, kemudian kami di sini bisa diajarkan secara profesional bagaimana menyampaikan keinginan kita. Kami sangat berharap program Ideafest ini bisa diselenggarakan secara konsisten dan bisa lebih diperluas lagi promosinya.

Apa Kata Mereka yang Hadir Tentang Ideafest | Breaktime
Ideafest

HB Naveen (Falcon Pictures): Industri kreatif di Indonesia sedang berbunga dan berada di jalur yang benar. Beberapa tahun kemudian, kita akan melihat evolusi dan perubahan besar akan terjadi. Tentang Ideafest: Menurut saya event ini sangat luar biasa, tapi alangkah lebih baiknya tidak hanya diadakan di Jakarta, tetapi juga diadakan di daerah lainnya sehingga kita dapat menjangkau lebih banyak peserta.

Lingga Madu (Sales Stock): Startup di Indonesia masih berada dalam tahap awal sekali. Lebih ke arah mindset sebenarnya. Banyak teman-teman saya secara cultural selalu mencari pekerjaan yang aman gitu. By definition, startup or creative industry is very risky venture gitu kan. Jadi lebih baik kerja di bank, atau BUMN, atau PNS bahkan. Kalau bisa PNS bagus sekali. Nah agar kita bisa lebih berkembang, menurut saya mindset ini harus diubah. Benar-benar mindset bahwa tidak sekedar mencari aman, tapi bagaimana kita bisa memberikan impact sebesar mungkin pada masyarakat. Karena hal seperti ini terjadi di Amerika Serikat. Orang di sana, kalau mulai startup dan gagal mereka itu bangga sekali. Mereka pakai di dada mereka sebagai lambing kebanggan. “Eh gue udah gagal tiga startup loh, gila kan! Keren gue!” gitu. Di sini, gagal satu startup saja dihujat dan malunya bukan main. “Ah lu mending PNS aja!” gitu. Sampai mindset itu belum berubah, bakal susah sih. Menurut saya Ideafest  bagus, karena dengan ini kita bisa mencoba. Shift(Think) kan temanya. Ada mindset bahwa bukan cuma kejar cool atau keren, tapi benar-benar lihat kita itu bisa memberikan apa sih ke masyarakat. Kita bisa memberikan apa ke dunia ini. Impact apa yang bisa kita berikan.  

Share This Article