Android Lemot Padahal RAM Masih Banyak? | Breaktime
Android Lemot Padahal RAM Masih Banyak? Ini Solusinya
14.11.2017

Smartphone berbasis OS Android memang yang paling banyak ditemui saat ini. Brand smartphone manapun mayoritas menggunakan OS ini, sehingga tidak heran jika banyak orang yang megasosiasikan OS Android dengan smartphone mereka dan menyebutnya handphone Android. Umumnya setiap handphone Android memiliki memori RAM yang cukup besar untuk memungkinkan smartphone menjalankan berbagai macam aplikasi. Tapi tidak jarang Anda akan mengalami masalah handphone android lemot padahal RAM masih banyak. Aneh kan?

 Biasanya penyebab smartphone lemot adalah karena Anda terlalu banyak mengunduh aplikasi yang terlalu banyak memakan kapasitas RAM. Sehingga satu-satunya solusi adalah untuk memilah-milah aplikasi mana yang paling banyak boros RAM, dan seandainya aplikasi tersebut tidak dibutuhkan Anda bisa meng-uninstall-nya untuk membebaskan memori dan mempercepat performa RAM. Bagaimana jika Android lemot padahal RAM masih banyak? Hmmm, Anda wajib tahu penyebabnya nih.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Menanti Rilisan Huawei Mate 10 Pro Indonesia

Penyebab di balik lemotnya smartphone Anda bisa jadi disebabkan oleh memori cache yang penuh. FYI, memori cache adalah suatu sistem memori internal yang menyimpan data sementara dari setiap aplikasi yang sedang Anda jalankan pada smartphone Anda. Ya, kurang lebih seperti memori cache pada browser laptop Anda deh B’Timers. Nah, walaupun disebut dengan memori “sementara”, data yang ada di memori cache tersebut tidak lantas akan menghilang. Malah semakin sering Anda menggunakan satu aplikasi, maka akan semakin menumpuk pula data cache yang terkumpul.

Jika memori cache sudah overload, performa smartphone Anda pun bakal ikut melambat, atau malah akan hang alias macet. Maka dari itu, B’Timers wajib rajin menghapus data cache dari aplikasi yang Anda gunakan terutama jika aplikasi tersebut sudah memakan banyak memori. Caranya, masuk ke Pengaturan, pilih opsi Aplikasi, berikan tanda cek pada masing-masing aplikasi yang makan banyak memori, setelah itu tekan pilihan Hapus Cache. 

Android Lemot Padahal RAM Masih Banyak? | Breaktime
Penyebab android lemot padahal RAM masih banyak

Sudah melakukan langkah di atas ternyata smartphone masih lemot? Wah, coba perhatikan jangan-jangan Anda terlalu banyak menjalankan aplikasi di background. Biasanya hal ini terjadi pada Anda yang gemar melakukan multitasking. Wajar-wajar saja sih, apalagi memang smartphone Android memang dilengkapi dengan fitur hidden tabs yang memungkinkan Anda untuk bermultitasking.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Baterai Awet Android Cegah Mati Gaya

Hanya saja, please be mindful. Apabila  Anda menjalankan terlalu banyak aplikasi di background, maka processor smartphone Anda akan bekerja terlampau keras untuk menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut. Dan terlepas dari secanggih apapun processor Anda, pastinya akan kewalahan juga sehingga mengakibatkan smartphone Anda jadi lemot. Maka dari itu, coba deh meminimalisir jumlah aplikasi yang Anda buka. Anda juga bisa mengecek apakah aplikasi tersebut sudah benar-benar tertutup dengan menekan tombol tab yang ada di sisi kanan smartphone Anda.

Satu lagi nih faktor super sepele yang ternyata bisa mengakibatkan smartphone Anda menjadi lemot, yaitu dengan menggunakan menu auto-rotate. Umumnya menu ini terdapat pada smartphone dengan display layar yang lebar. Banyak orang menggunakan fitur ini, because why not? Tampilan smartphone Anda pun akan jadi lebih menarik dengan fitur itu kan?

Hanya saja jika Anda terlalu sering menggunakan fitur tersebut, maka processor smartphone Anda akan bekerja ekstra untuk menyesuaikan perubahan layar yang terjadi secara terus-menerus. Jangan heran jika performa smartphone Ansdroid Anda pun jadi melambat gara-garanya. Maka dari itu, jika memang tidak begitu urgent sebaiknya Anda  tidak menggunakan fitur ini terlalu sering deh B’Timers. Cukup sewajarnya saja, ya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Daftar Handphone dengan Baterai Awet

Ternyata, penyebab di balik handphone android lemot padahal RAM masih banyak memang terhitung sangat sepele ya? Tapi justru hal-hal yang sepele itu yang wajib diperhatikan supaya smartphone Anda tetap memiliki performa yang excellent, B’Timers. Jika Anda merasa informasi ini berguna, jangan lupa untuk share artikel ini dengan teman-teman Anda ya! (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE