Adu Spesifikasi iPhone 6S, Galaxy S6, Xperia Z5 | Breaktime
Adu Spesifikasi iPhone 6S vs Galaxy S6 vs Xperia Z5
08.12.2015

Soal menentukan smartphone jempolan, B’timers pasti kerap bingung memilih antara produk Apple, Samsung, ataupun Sonny, bukan? Nah, kali ini Breaktime akan mengupas tentang persaingan tajam di antara tiga smartphone papan atas: iPhone 6S, Samsung Galaxy S6, serta Sony Xperia Z5.

Hardware

Adu Spesifikasi iPhone 6S, Galaxy S6, Xperia Z5 | Breaktime
Penampilan fisik Samsung Galaxy S6 vs Sony Xperia Z5

Dari segi hardware yang digunakan, ketiga smartphone tersebut sama-sama dilapisi campuran bahan metal dan kaca pada permukaannya. Namun, secara keseluruhan sisi samping dan belakang iPhone 6S terbuat dari metal. Selain itu, Apple meninggalkan Gorilla Glass dan menggantinya dengan ion-strengthen glass yang lebih catchy.

Sementara itu, Samsung Galaxy S6 memiliki frame bahan metal yang terdapat pada kedua sisinya dan Gorilla Glass 4 yang melapisi bagian depan dan belakang. Sayangnya, saat disentuh permukaan Galaxy S6 tak terasa semulus iPhone 6S. Namun, soal bobot, Galaxy S6 memegang juara tertipis dan teringan karena hanya seberat 138 gr dengan panjang 6.9 mm.

Bagaimana dengan Sony Xperia Z5? Sisi sampingnya dilapisi metal, bagian depannya dilapisi kaca anti gores, dan bagian belakangnya dilapisi matte glass covers. Sayangnya, Xperia Z5 memiliki bodi paling tebal dan bobot paling berat dari ketiga smartphone, yakni 7,3 mm dan 154 gr.

Konektivitas

Adu Spesifikasi iPhone 6S, Galaxy S6, Xperia Z5 | Breaktime
Tampilan belakang Xperia Z5 vs Galaxy S6

Ketiga smartphone tersebut sama-sama mendukung koneksi 6 LTE yang kecepatan download-nya mampu mencapai 300 Mbps. Selain itu, baik Samsung maupun Sony memiliki sistem dual SIM. iPhone juga mengandalkan Bluetooth 4.1 dan Xoeria Z5 mempersenjatai diri dengan ANT, sedangkan Galaxy S6 diengkapi dengan BT 4.x.

Baterai

Bagaimana dengan ketahanan baterai yang dimiliki masing-masing smartphone? Well, bisa dibilang Sonny Xperia Z5 memimpin di depan dengan daya 2.900mAh, Samsung Galaxy S6 di peringkat kedua dengan daya 2.550mAh, dan iPhone berada di posisi belakang dengan dayanya yang hanya 1.715mAh.

Samsung memang tahan digunakan untuk bicara selama 11 jam, tapi baterai iPhone dan Xperia mampu bertahan di dalam air, lho. Tapi tetap saja, baterai Galaxy S6 memegang jawara untuk digunakan bertelepon ria dan memutar video berulang kali.

Harga

Adu Spesifikasi iPhone 6S, Galaxy S6, Xperia Z5 | Breaktime
Tampilan belakang iPhone 6S vs Galaxy S6

Soal harga, ketiga smartphone ini memang dibanderol dengan harga berbeda. Untuk Apple Iphone 6S dengan kapasitas memori 16 GB harga yang ditawarkan adalah sekitar Rp 9 juta. Sementara Samsung Galaxy S6 dan Sony Xperia Z5 tidak menawarkan memori 16 GB, tapi menyuguhkan memori terendah dengan 32 GB. Masing-masing membanderol dengan harga Rp 7 juta dan Rp 9 juta-an.

Nah, bagaimana? Di antara ketiga smartphone tersebut B’timers tertarik untuk membeli yang mana ya? (vsc)

Share This Article