7 Latihan Ini Bikin Anda Jadi Fotografer Handal! | Breaktime
7 Latihan Ini Bikin Anda Jadi Fotografer Handal!
01.06.2017
“Practice makes percect” – Annonymous

Tampaknya ungkapan di atas sangat sesuai untuk diterapkan dalam segala bidang, ya, B’timers? Kita tak mungkin langsung menjadi ahlinya pada percobaan pertama. Setiap orang membutuhkan latihan supaya bisa menjadi ahli di dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Sesederhana apapun pekerjaan itu, tetaplah kita memerlukan setidaknya beberapa kali usaha agar sanggup menyelesaikannya dengan sempurna.

Nah, salah satu pekerjaan yang juga membutuhkan latihan yang sama sekali tak dapat dibilang sebentar adalah menjadi seorang fotografer yang handal, B’timers. Namun Anda tak perlu khawatir, di bawah ini beberapa latihan yang menjamin Anda sukses menjadi salah satu fotografer handal di muka bumi! Check this out, yuk, B’timers!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Planet GJ1132b: Super Earth Dikelilingi Atmosfer

Sistem metering modern memiliki great general-purpose modes yang sering disebut dengan Evaluative, Matrix atau Multi-area. Semuanya memudahkan Anda dalam mengakses pemandangan sekaligus saat menetapkan pengaturan eksposur yang sempurna.

7 Latihan Ini Bikin Anda Jadi Fotografer Handal! | Breaktime
Cobalah bermain dengan cahaya

Dengan menggunakan sistem standar ini memungkinkan Anda untuk mengukur bagian yang sangat kecil serta menunjukkan pengaturan pencahayaan yang membuat target Anda menjadi mid-tone. Gabungkan metering spot dengan AE Lock untuk menyempurnakan pencahayaan saat Anda mengambil gambar.

Layar histogram kamera adalah grafik yang bisa mewakilkan kecerahan piksel yang membentuk gambar, B’timers. Skala yang akan Anda temukan dimulai dari hitam dengan kecerahan 0, lalu di bagian sebelah kiri, lalu ke bagian yang putih, dengan pembacaan kecerahan 255 di sebelah kanan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Plomo: Aplikasi Wajib Instal Bagi Pecinta Gratis

Gunakanlah prime atau fixed focal length lens mungkin memudahkan Anda terhindar dari gangguan saat melakukan zooming in dan juga zooming out, B’timers. Tetapi sebaiknya berjalankan mendekati dan juga  menjauhi target bidik dan ambil gambar. Lalu bergeraklah hingga Anda menemukan sudut lainnya.

Cara ini akan membantu Anda untuk mengeksplorasi subjek secara lebih lengkap, dan Anda akan segera mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai sudut pandang lensa, B’timers. Jangan takut untuk bermain dengan cahaya, lho. Karena teknik ini akan membantu Anda mengenali focal length.

7 Latihan Ini Bikin Anda Jadi Fotografer Handal! | Breaktime
Jangan takut untuk mencari subjek di sekitar

Modern automatic white balance system adalah fitur yang sangat mumpuni, B’timers. Tetapi sayangnya tak selalu memberikan hasil yang sempurna pada gambar yang Anda ambil, lho. Jadi jika pada suatu saat kamera tidak memberikan Anda hasil yang disukai, coba bebaskan auto white balance safety-net.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Apa yang Membuat Fidget Spinner Begitu Booming?

Sangat mudah untuk mengatur custom white balance value dari kamera Anda. Cukup dengan mengatur ke mode yang Anda inginkan, B’timers. Namun dalam prakteknya mungkin hal itu akan menjadi sedikit lebih rumit daripada yang selama ini Anda bayangkan.

7 Latihan Ini Bikin Anda Jadi Fotografer Handal! | Breaktime
Minta saran dari orang lain tentang gambar Anda

Jika lampu utama datang langsung dari subjek Anda, letakkan ujung kartu sedikit di area berwarna pada bagian bawah subjek Anda. Anda akan mendapatkan hasil yang sangat berbeda dengan yang Anda dapat jika memegang kartu sedikit miring ke atas subjek yang tengah Anda foto, B’timers.

Lalu, meskipun aperture dan shutter priority exposure modes sangat berguna, namun Anda akan lupa tentang seberapa terang atau gelap gambar yang akan muncul pada kamera. Mode manual memberi Anda tanggung jawab memikirkan kecerahan subjek dan lingkungan di sekitar.

Jangan ragu dan takut untuk membagi hasil gambar yang Anda ambil di akun media sosial milik Anda, B’timers. Bahkan langkah yang satu ini disarankan untuk Anda lakukan setiap hari, lho. Setidaknya coba Anda ambil gambar dan posting-lah satu setiap hari. Ini akan membantu Anda meingkatkan kreativitas.

Siapapun bisa menjadi fotografer yang handal, kok. Intinya adalah berlatih, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE