6 Cara Sederhana Agar Baterai Tak Mudah Soak | Breaktime
6 Cara Sederhana Agar Baterai Gadget Tak Mudah Soak
17.01.2016

Hidup di zaman serba canggih dan berteknologi membuat kita tak bisa lepas dari gadget. Hampir setiap aktivitas kita ditemani dengan internet. Nah, terlalu sering menggunakan gadget di setiap aktivitas tentu akan menghabiskan daya tahan baterai perangkat yang sering kita gunakan. Akibatnya, kita sering melakukan recharging sehingga memungkinkan baterai cepat soak.

Entah Anda menggunakan smartphone, tablet atau laptop, berikut ini adalah cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghemat daya tahan baterai agar tahan lama.

  • Jaga agar suhu tetap dingin

Temperatur yang tinggi akan mempengaruhi kinerja gadget Anda. Apalagi jika dipaksa untuk terus digunakan, tak pelak daya tahan baterai Anda akan cepat menurun. Salah satu cara agar kondisi suhu gadget tetap dingin yaitu dengan memasang coolpad (jika Anda menggunakan laptop), tidak terlalu sering melakukan multi-tasking dan mengistirahatkan gadget saat suhu sudah mulai panas.

  • Gunakan aplikasi berbayar

Google Play memang menyediakan ribuan aplikasi gratis. Namun, sayangnya aplikasi gratis selalu memunculkan iklan-iklan yang minta untuk di-klik. Perlu Anda ketahui, sebuah penelitian tentang baterai di Amerika menemukan bahwa iklan yang bermunculan seperti itu akan mengurangi daya hidup baterai hingga 2 jam.

Memang tidak semua aplikasi gratis dapat menguras baterai Anda, namun akan lebih baik jika Anda mengganti beberapa aplikasi gratis Anda dengan aplikasi berbayar agar kualitas baterai Anda tetap terjaga.

  • Matikan pelacak lokasi (GPS)

6 Cara Sederhana Agar Baterai Tak Mudah Soak | Breaktime
GPS bisa menguras baterai

Laporan terbaru memberitakan bahwa aplikasi Facebook menguras baterai pengguna iPhone karena terus-menerus melacak lokasi pengguna menggunakan GPS. Mematikan pelacakan lokasi untuk aplikasi yang tidak memerlukan lokasi Anda pasti akan membantu meningkatkan daya tahan baterai.

  • Jangan mengisi baterai sampai penuh

Cara kita mengisi ulang baterai (recharging) juga berpengaruh terhadap siklus jumlah daya baterai. Tidak mengisi baterai secara penuh ternyata lebih baik daripada mengisi baterai gadget secara penuh.

Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Battery University. Mereka menemukan bahwa mengisi baterai antara 30 hingga 80 persen bisa meningkatkan jumlah charging hingga 3 kali lipat.

  • Turunkan tingkat kecerahan

6 Cara Sederhana Agar Baterai Tak Mudah Soak | Breaktime
Kecerahan yang terlalu tinggi bisa mengurangi daya baterai

Salah satu cara untuk membuat baterai Anda tahan lama dan tak mudah soak adalah dengan menurunkan tingkat kecerahan layar gadget. Selain itu, Anda juga perlu mengatur nyala display gadget Anda ketika tidak sedang digunakan.

  • Nyalakan modus low power  dan flight mode

Tidak semua Android memiliki modus battery saver. Namun jika Anda menggunakan Android versi 5.0 (lollipop) ke atas, pasti ada battery saver di gadget  Anda. Jika Anda menghidupkan modus ini, Anda setidaknya akan menghemat hingga 15 persen dari daya baterai. Di samping itu, jika Anda sedang berada di lokasi tanpa jaringan, sebaiknya nyalakan modus penerbangan (flight mode).

Bagaimana, B’timers? Semoga informasi di atas membantu Anda untuk lebih bijak dalam menggunakan perangkat apapun, ya? Bagaimanapun, kita harus merawat apa yang kita miliki agar kualitasnya tetap terjaga. (nap) 

Share This Article