6 Cara Pintar Bedakan Smartphone Ori dan Abal-Abal | Breaktime
6 Cara Pintar Bedakan Smartphone Ori dan Abal-Abal
15.10.2015

Saat produk feature phone atau biasa disebut ponsel sudah semakin tenggelam karena terjangan perangkat mobile yang menggunakan layar sentuh atau dikenal dengan nama smartphone, banyak vendor mobile dunia yang akhirnya banting setir untuk memproduksi produk yang lebih banyak peminatnya tersebut.

Sayangnya, tidak semua produk smartphone di pasaran benar-benar asli. Banyak di antaranya yang hanya merupakan tiruan perangkat kelas dunia. Bahkan, produk abal-abal tersebut sekarang ini bisa dikatakan sangat mirip dengan aslinya. Untuk itu, agar B’timers tidak tertipu dengan produk tiruan, ada baiknya untuk mengetahui tips-tips membedakan produk original dan yang palsu berikut ini:

Material

6 Cara Pintar Bedakan Smartphone Ori dan Abal-Abal | Breaktime
Rata-rata produk dari vendor asli menggunakan polycarbonate

Walaupun tidak dapat dihantam rata semuanya, akan tetapi ada beberapa produk fake yang menggunakan material berbeda dari produk aslinya. Dari pertama kali menyentuhnya saja, B’timers akan mengetahui bahwa ada kejanggalan dari sisi materialnya yang tidak sehalus dan sebagus produk asli.

Terhubung dengan AppStore

6 Cara Pintar Bedakan Smartphone Ori dan Abal-Abal | Breaktime
Ada kalanya, produk abal-abal bahkan tidak dilengkapi aplikasi khusus untuk mengakses AppStore

Semua produk yang asli, pastinya dapat terhubung dengan ‘toko online’ yang disediakan khusus untuk mengunduh aplikasi tambahan, seperti Google Play, iTunes App Store, BlackBerry World dan sejenisnya. Memang ada beberapa produk palsu yang benar-benar dirancang untuk dapat mengakses AppStore tersebut, namun ada saja kejanggalan ketika produk itu harus melakukan pengunduhan aplikasi.

Spesifikasi

6 Cara Pintar Bedakan Smartphone Ori dan Abal-Abal | Breaktime
Walaupun terlihat sama, rata-rata produk tiruan tidak mengikutsertakan aplikasi bawaan yang benar-benar original dari vendor asli di dalam produknya

Hal yang tak kalah pentingnya lagi adalah memeriksa spesifikasi. Rata-rata spesifikasi produk tiruan tidak sama dengan produk asli, bahkan ada beberapa di antaranya yang sangat jauh di bawah spesifikasi produk original.

Walaupun terkadang ada benar-benar mirip, B’timers dapat melakukan reset factory setting atau wipe all agar mengetahui spesifikasi asli dari produk yang Anda beli, karena ada aplikasi khusus yang sengaja dipasang untuk mengelabuhi pembeli.

Harga

6 Cara Pintar Bedakan Smartphone Ori dan Abal-Abal | Breaktime
Harga tidak pernah berbohong, seperti ungkapan, “Ada harga, ada rupa”]

Pastinya harga adalah salah satu hal yang paling dapat dijadikan patokan untuk membedakan produk ori atau fake. Smartphone-smartphone original tentunya dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi, sedangkan yang palsu dipasarkan dengan harga sangat murah, walaupun terkadang penjualnya mengatakan bahwa barang yang mereka jual adalah barang ori tapi dari pasar gelap.

Cek IMEI dan serial number

6 Cara Pintar Bedakan Smartphone Ori dan Abal-Abal | Breaktime
IMEI terdapat di balik chasing smartphone berupa sederetan angka dalam jumlah banyak

Untuk dapat mengetahui secara pasti barang yang B’timers beli itu, maka cara paling efektif adalah memeriksa IMEI dan Serial Number. Apabila semuanya di perangkat dan di kotak pembelian sama, maka dapat dipastikan produk yang Anda beli adalah asli.

Walaupun kabarnya, ada ‘orang-orang khusus’ yang bisa mengubah IMEI agar terlihat sama seperti serial number yang terletak di kotak pembelian produk, akan tetapi dapat dikatakan hal tersebut sangat jarang ditemui.

Kartu garansi

Salah satu yang tidak dapat ditiru perusahaan dengan produk kawe adalah kartu garansi
Salah satu yang tidak dapat ditiru perusahaan dengan produk kawe adalah kartu garansi

Semua produk asli pastinya dilengkapi dengan kartu garansi yang dapat digunakan sebagai penggaransi produk jika terjadi suatu masalah dan di dalam kotak pembelian produk abal-abal, tidak pernah ditemui kartu garansi.

Nah, sudah tahukan cara mudah untuk check smartphone asli atau palsu, B’timers? Memang cara-cara di atas bukan yang paling efektif, tapi adalah cara yang paling standar untuk dapat dilakukan oleh siapa saja walaupun buta masalah teknologi.

Share This Article