5 Tips Sederhana Agar Laptop Tetap Awet | Breaktime
5 Tips Sederhana Agar Laptop Tetap Awet
26.02.2016

Laptop bisa dibilang menjadi kebutuhan utama di era teknologi ini. Tak hanya sebagai sarana untuk mendapat hiburan, laptop juga memiliki fungsi yang penting dalam urusan pekerjaan. Namun, seringkali laptop mengalami masalah bahkan kerusakan. Lantas, bagaimana cara merawat laptop agar tak cepat rusak. Berikut 5 tips agar laptop awet dari Breaktime.

Jaga tetap dingin

Perangkat elektronik, baik laptop, tablet, ataupun ponsel, akan cepat rusak ketika terjadi panas berlebih. Masalah yang kerap terjadi adalah kerusakan layar, daya hidup baterai yang singkat, serta kerusakan beberapa komponen di dalamnya.

Tak hanya panas yang disebabkan oleh kinerja komponen di dalam laptop, pengaruh panas dari luar seperti paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan masalah ini. Oleh karena itu, simpan laptop di tempat kering dan jauh dari paparan sinar matahari. Jangan lupa gunakan cooling pad saat memakai laptop, agar tak terjadi overheating. Karena laptop yang overheating dapat merusak komponen inti yang terdapat di dalam laptop. Jangan memaksakan penggunaan laptop berlebih, jika sudah mulai panas hendak lah diistirahatkan sejenak.

5 Tips Sederhana Agar Laptop Tetap Awet | Breaktime
Gunakan kuas untuk melibas debu di celah sempit

Gunakan case

Benturan, gesekan, ataupun getaran dapat mempengaruhi komponen laptop Anda. Untuk itu, Anda membutuhkan case khusus yang dapat melindungi atau meminimalisir efek akibat benturan, gesekan, ataupun getaran yang terjadi pada laptop. Case juga melindungi anda dari debu yang dapat mengotori body laptop. Pilihlah case yang tipis dan kaku agar tidak membuat laptop menjadi panas.

Jaga kebersihan

Tips agar laptop awet yang selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan laptop. Anda bisa membersihkan debu yang menempel di celah dan sudut laptop, serta memastikan bahwa ventilasi udara yang mengeluarkan panas dari laptop tidak tersumbat.

Menjaga kebersihan laptop, tak hanya akan membuat laptop tetap terlihat baik. Hal ini juga akan sangat berpengaruh pada kinerja karena tak ada gangguan, overheating pun sangat mungkin untuk diminimalisir. Jadi, jangan malas membersihkannya ya, B’timers.

Baca Juga: Rahasia Laptop Lebih Panjang Umur

5 Tips Sederhana Agar Laptop Tetap Awet | Breaktime
Upgrade hardware laptop bisa menjadi jalan keluar

Upgrade hardware

Kerusakan pada laptop, seringkali disebabkan oleh adanya kerusakan hardware, seperti VGA, RAM, ataupun hard disk. Jika masalah ini muncul, gunakan hardware yang lebih baik, seperti Solid State Drive (SSD). Selain bekerja lebih cepat, SSD juga lebih tahan banting dibanding hard disk pada umumnya.

Gunakan sesuai kondisi

Laptop yang telah menua, tentu akan mengalami penurunan kinerja dan kecepatan. Untuk mengakalinya, Anda tentu harus membeli laptop baru. Sedangkan laptop lama bisa Anda alih fungsikan seperti menggunakan sebagai media player, bermain game, ataupun pekerjaan tunggal lainnya.

Kelima tips agar laptop awet ini bisa Anda praktikkan dengan mudah di rumah. Selain itu, biaya yang dibutuhkan juga tak terlalu besar, sehingga tak akan membebani Anda. (dfr)

Share This Article